05 Okt 2016 13:06
Berdayakan Lahan Tambak Jadi Area Mangrove

Selamatkan Ekosistem Laut

MyPassion
FOTO: Paul Bawole

MANADOPOST - Hutan dan laut menjadi harta berharga di Bumi Pertiwi. Jika tidak rutin dirawat, keselematan bumi terancam. Beruntung, Dennis Torar peka terhadap masalah ini. Sejak kecil, putra dari pasangan Noldy Torar dan Deisy Kodoati ini aktif dalam kegiatan pramuka. Jiwa kepemimpinannya semakin terbentuk. Seiring dengan itu semangat cinta lingkungan tumbuh dalam diri siswa SMAN 1 Airmadidi ini. Tak heran berbagai cara dilakukannya demi menjaga eksosistem. Salah satu aksi nyata yang ia lakukan adalah menanam tanaman bakau.

Ia mengajak teman-teman sekolahnya untuk ikut menanam bakau di Tiwoho, Minahasa Utara. “Ini akibat buruk dari konversi lahan yang dulunya dijadikan lahan tambak. Setelah dibiarkan begitu saja oleh beberapa oknum, akhirnya kondisi laut di sini terganggu,” beber Dennis.

Ia menuturkan sebagian masyarakat mungkin belum sadar dampaknya terhadap lingkungan. “Perlahan-lahan produksi ikan dan ekonomi masyarakat di sekitar terganggu. Abrasi serta erosi hanyalah masalah waktu, sampai akhirnya hal yang paling buruk bisa datang,” tekannya.

Cowok yang pernah meraih Wakil 1 Utu SMANAR – sebutan SMAN 1 Airmadidi ini berupaya untuk mengembalikan lahan bekas tambak menjadi kawasan mangrove. Namun ini tentu memerlukan usaha yang cukup besar. Ia juga selalu berupaya menyadarkan masyarakat agar mau bekerjasama bangun kembali kawasan mangrove yang telah rusak. “Hal inilah yang saya lihat, dengan menanam bakau sebanyak-banyaknya, ekosistem perlahan-lahan kembali pulih. Kawasan ini akan kembali menjadi sumber ekonomi dan penyangga bagi masyarakat dari dampak negatif air laut,” ujar Dennis.

Perlahan, hasil usahanya makin terlihat. Hadirnya hutan mangrove ini menjadi ikon baru untuk Desa Tiwoho dan menjadi bagian dari zona rimba kawasan Taman Nasional Bunaken (TNB).

Cowok yang bisa beatbox ini melihat iven National Challenge Zetizen menjadi instrument yang tepat untuk mengkampanyekan gerakan menanam bakau. Dennis berharap agar bisa menjadi Alpha Zetizen Sulawesi Utara dan berangkat ke New Zealand. “Saya akan terus melakukan aksi yang positif untuk lingkungan. Jaga keseimbangan alam ini tetap terjaga hingga puluhan tahun ke depan dan perjuangkan alam pesisir Sulut,” pesannya. (set/tkg)

Kirim Komentar