17 Agu 2016 10:09
Frangky: Paling Utama Membudayakn Kebiasaan Mapalus

Kalahkan Ribuan Desa, Kanonang Dua Juara I Lomba Desa

MyPassion
BERPRESTASI: Desa Kanonang Dua Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa meraih juara pertama lomba desa se-Region III (Sulawesi-Kalimantan). Foto: Rivansky Pangau/MP

Desa Kanonang Dua Kecamatan Kawangkoan Barat menyumbang prestasi di sela perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan Indonesia. Desa yang berada di Kabupaten Minahasa Induk ini, menjuarai lomba desa tingkat nasional, khususnya regional III (Sulawesi-Kalimantan)

Laporan Rivansky Pangau

UNTUK ke Desa Kanonang Dua, membutuhkan waktu sekira 60 menit dari Tondano, pusat pemerintah Kabupaten Minahasa. Khusus warga Sulawesi Utara, Kanonang identik dengan salah satu objek wisata religius, Bukit Kasih. Kawasan yang menggambarkan kerukunan hidup antar umat beragama di bumi Nyiur Melambai. Udara sejuk menyambut kedatangan wartawan Koran ini. Padahal ketika itu jam berada di angka 13.30 Wita. Gapura berdiri megah di pintu masuk desa, bertuliskan ‘Welcome to Kanonang II Village’. Karena menjadi salah satu kawasan objek wisata terkenal di Sulut, Kanonang terbiasa menerima para tamu dari berbagai penjuru tanah air. Tak terkecuali wisatawan asing. Wajah ramah pun terlihat di wajah masyarakat ketika melihat pendatang mengunjungi desa mereka. Saat menyusuri desa ini, sesekali para siswa yang baru pulang sekolah menyuguhkan salam, “Selama siang”. Sangat ramah.

Di lorong-lorong desa, dibangun paving block. Layaknya berjalan di trotoar arah Bandara Sam Ratulangi, atau kawasan pusat Kota Manado. Marka jalan tercetak rapi. Warna merah dan putih. Hampir semua rumah memiliki dego-dego di halaman. Di atas rumah mini itu, ada bunga ditata indah. Dapur hidup pun tampak dirawat baik.

Menariknya, di halaman depan rumah-rumah penduduk ada bambu kecil. Konon, bambu tersebut dijadikan wadah warga menampung beras. Setiap warga menyumbang segenggam beras. Aparat kampung yang mengumpulkannya dan menyerahkan pada warga tak mampu. Kerelaan memberi yang dibudayakan ini menjadi salah satu nilai plus, Kanonang Dua berhasil mengalahkan ribuan desa dari 10 provinsi di Regional III, sehingga memperoleh juara satu.

12
Kirim Komentar