10 Agu 2016 15:08

6 SKPD Bakal Beralih ke Pemprov

MyPassion

AIRMADIDI - Sebanyak enam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), akan dialihkan ke Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

"Ada beberapa SKPD yang harus dialihkan ke provinsi. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pengganti PP Nomor 41 Tahun 2014," kata Wabup Ir Joppi Lengkong.

Lanjutnya, untuk menindaklanjuti instruksi Kemendagri, Pemkab Minut diminta segera membuat perda tentang OPD. "Instruksi Mendagri Nomor 061/2911/SJ TAHUN 2016 itu tentang Tindak Lanjut PP Nomor 18 Tahun 2016. Saya kira, kita harus membentuk tim untuk mengatur OPD. Karena bukan hanya pegawai yang akan dialihkan, tapi juga aset," ungkap Lengkong.

Ditambahkannya, pengisian jabatan struktural, akan dilakukan setelah ada Perda. "Bikin Perda OPD dulu, baru setelah itu pengisian jabatan struktural/proses pelelangan bisa dilakukan. Karena, tanggal 18 Agustus nanti, sudah memasuki 6 bulan kepemimpinan VAP-Jo," tandas Ketua PKB GMIM ini.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minut Ir Sandra Moniaga MSi menjelaskan, OPD merupakan lembaga yang bertanggungjawab kepada kepala daerah. "Nantinya, OPD harus melihat visi dan visi kepala daerah. Setiap staff, harus memiliki tugas yang jelas (Job Description), agar tidak ada alasan lagi untuk tunggu-tunggu perintah," ujar Moniaga.

Terpisah, Kepala Bagian Ortal Minut Dra Jovita Supit membeberkan, hasil pemetaan SKPD. "Sesuai PP Nomor 18 Tahun 2016, Kabupaten Minut dari 35 SKPD akan dilebur menjadi 29 SKPD (Lihat grafis)," beber Supit, sembari menambahkan, sampai hari ini nomenklatur Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) SKPD belum final. (ctr-30/ria)

Kirim Komentar