06 Agu 2016 09:56
8.651 WNI Belum Jelas Kewarganegaraan

Agusto: Mereka Hampir Tiga Generasi Hidup di Mindanao

MyPassion
PERERAT HUBUNGAN: Brigjen TNI Sulaiman Agusto SIP MM saat berkunjung ke Filipina.

MANADOPOST—Sekira 8.745 jiwa Warga Negara Indonesia (WNI) belum jelas kewarganegaraannya. Sedangkan sekira 94 jiwa sudah dilakukan konfirmasi ke Indonesia. Namun sisanya masih akan dilakukan pendataan ulang pada tahun ini.

Itulah informasi yang didapat Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto SIP MM, saat bertemu pihak Konsulat di Filipina, baru-baru ini. Lewat pertemuan ini, kata Agusto, diharapkan pemerintah pusat dan pemerintah di Sulut dapat mencarikan solusi. Apabila WNI tersebut akan kembali ke Indonesia. Termasuk menyediakan tempat tinggal serta lapangan pekerjaan.

Di mana dahulunya, perpindahan mereka ke Davao dengan cara tradisional tanpa dokumen jelas. Kebanyakan hanya sebagai nelayan. Namun lama kelamaan WNI tersebut telah menetap bahkan telah berkeluarga dengan penduduk setempat.

Sehingga banyak di antara mereka tidak mengerti lagi Bahasa Indonesia. Bahkan tidak tahu lagi keluarganya yang ada di Indonesia. “Apalagi, mereka sudah hampir tiga generasi hidup di Mindanao,” terang Agusto.

12
Kirim Komentar