27 Jul 2016 09:24

Terima Hasil Pilhut!!JWS: Yang Kalah Harus Dukung Yang Menang

MyPassion

TONDANO–Siap menang siap kalah. Sikap gentle harus ditunjukkan calon hukum tua hingga pendukung yang kalah. Warga Minahasa telah menjatuhkan pilihannya, saat pemilihan hukum tua (Pilhut) serentak di 78 desa, Selasa (26/7), kemarin. Pantauan koran ini, di sejumlah TPS dipadati ribuan warga. Di TPS Desa Touliang Oki, Kecamatan Eris, sejak pagi, begitu dibuka, warga langsung berbondong-bondong menuju TPS dan menyalurkan hak suara.

Bahkan, hingga berita ini diturunkan, penghitungan di TPS dengan jumlah pemilih 2.600 orang ini, masih dilakukan perhitungan. “Hingga saat ini, masih penghitungan. Kami masih memantau sejumlah desa yang masih proses penghitungan,” ungkap Camat Eris Deidy Tumarar, sekira pukul 23.00 Wita, semalam.

Tak hanya di Desa Touliang Oki. Di Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng, ribuan orang masih tinggal di lokasi pemilihan. Karena sampai tengah malam, dilakukan penghitungan suara. “Di Warembungan, hingga jam 11 malam ini (tadi malam, red)  masih penghitungan. Namun, pelaksanaan tetap kondusif,” ujar Camat Pineleng Moudy Pangerapan. Hingga berita ini diturunkan, panitia tingkat desa masih melakukan penghitungan suara. Dari sekira 3.000 pemilih, hanya 2.950 yang memberikan hak suara.

Di Desa Maumbi, Kecamatan Eris, Frengky Lukas jadi Kumtua terpilih. Frengky langsung ditandu dan diarak pendukungnya, begitu dipastikan menang. Dia mengalahkan petahana Junike Lewu, dengan selisih 13 suara. Usai pemilihan, tokoh agama semua denominasi gereja mendoakannya. "Terima kasih. Mari bersama kita bangun Desa Maumbi tercinta," ajak Frengky.

Menurut Ketua Panitia Tingkat Kabupaten Denny Mangala, pelaksanaan Pilhut di Minahasa berlangsung aman dan kondusif. “Walaupun ada yang masih melakukan pemilihan hingga malam hari dan penghitungan sampai tengah malam, namun tidak ada TPS yang dilaporkan kacau atau ada gangguan,” beber Mangala.

123
Kirim Komentar