01 Jun 2015 01:31

Wahh!!Bitung Dirikan Patung Yesus Tertinggi di Dunia

MyPassion
TERTINGGI: Patung Tuhan Yesus di Kota Bitung mengalahkan rekor patung Yesus di Rio de Janeiro, Brazil. Foto Gregorius Mokalu/MP

 BITUNG-Di Kota Bitung berdiri Patung  Yesus mencapai 35 meter. Patung yang rencananya akan diresmikan Agustus 2015 ini, bakal tercatat sebagai Patung Yesus terbesar dan tertinggi di dunia. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, Patung Yesus Penebus di Rio de Janeiro Brasil hanya memiliki tinggi 30 meter. 

Patung Yesus tertinggi di dunia saat ini berdiri di Swiebodzin, Polandia. Patung Christ The King di Polandia memiliki tinggi 33 meter. Tinggi mahkota rajanya 3 meter. ‘’Patung Yesus di Kelurahan Doorbolaang Kecamatan Lembeh Selatan masih lebih tinggi dibanding patung Yesus di Brasil dan di Polandia serta di beberapa negara lainnya,’’ kata Wali Kota Bitung Hanny Sondakh, Sabtu (30/5) saat mengantar Gubernur Sulut SH Sarundajang untuk melihat penyelesaian pembangunan patung tersebut.

Wali Kota Bitung Hanny Sondakh berharap Sarundajang yang akan meresmikan patung itu nanti. Karena menurut Sondakh, patung itu segera selesai sekira Agustus 2015 nanti.  ‘’Rencananya pada bulan Agustus 2015 nanti, patung ini sudah akan diresmikan. Masyarakat Bitung berharap Gubernur untuk berkenan meresmikannya,’’ kata Sondakh didampingi Wakil Wali Kota Bitung MJ Lomban, Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Huming MSI, dan sejumlah Pejabat Pemkot Bitung lainnya.

Hanny Sondakh mengaku, dia sendiri  yang menggagas pembangunan patung tersebut. Sondakh bernasar menghadirkan patung itu sebagai objek wisata rohani masyarakat Bitung dan Sulawesi Utara. Anggaran patung itu diperkirakan sekira Rp2 miliar yang pembangunannya dimulai sejak awal tahun ini. Sekarang, patung kolosal itu memasuki tahap finishing dan diperkirakan awal Agustus sudah bisa dinikmati warga Sulut.  Informasi yang diperoleh, anggaran patung Yesus ini sebagian besar dari Hanny Sondakh sendiri.

Untuk berkunjung ke  patung di Dorbolaan  ini harus menyeberang dari Pelabuhan Ruko Bitung sekira 15 menit ke Kelurahan Papusungan atau pusat Kecamatan Lesat. Dari Lesat perlu waktu sekira 20 menit lagi untuk menuju Dorbolaang.

Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, Sabtu (30/5) lalu bersama pejabat jajaran Pemprov Sulut mendatangi patung itu. Sarundajang ikut terkagum melihat pesona patung sekaligus potensi wisata yang ada di Pulau Lembeh. Sarundajang menilai patung itu bakal menjadi ikon Sulut ke depan sebagaimana Rio de Janeiro yang menjadi salah satu ikon Brasil. SHS pun ikut memotivasi Pemkot Bitung agar semaksimal mungkin menggarap sektor wisata yang ada. Karena menurutnya, konektivitas di Lembeh tidak seperti dulu lagi pasca pembangunan jalan lingkar Lembeh. “Mengingat pariwisata sangat penting menunjang Bitung sebagai kota industri. Bahkan menunjang pembangunan Sulut,” katanya. (*)

Kirim Komentar