03 Mei 2015 02:14

Pertarungan Terbesar Abad Ini dengan Nilai Rp 5 Triliun

MyPassion
SENYUM DULU DONG: Manny ’’Pacman’’ Pacquiao saat sesi foto bersama Floyd Mayweather Jr. FOTO: AFP

LUPAKAN sejenak “pertarungan” antara KPK versus Polri yang beberapa hari belakangan kembali memanas. Minggu (3/5) akan berlangsung fight of the century antara Floyd Mayweather Jr melawan Manny ’’Pacman’’ Pacquiao di Las Vegas, AS. Duel itu memang layak disebut duel tinju terbesar dalam sejarah, pasalnya nilai komersial dari pertarungan ini nilainya sangat tinggi.

Semua hal yang berkaitan dengan pertarungan itu laku dijual. Merek bir Tecate, misalnya, harus membayar USD 5,2 juta (sekitar Rp 67 miliar) untuk membeli kavling iklan sebagai sponsor utama. Brand ternama tersebut menyingkirkan rivalnya, Corona, dengan selisih penawaran USD 400 ribu (sekitar Rp 5,1 miliar).

Hasil penjualan hak siar televisi luar negeri mencapai USD 35 juta (sekitar Rp 455 miliar). Belum lagi pendapatan dari pay per-view yang mencapai kisaran USD 300 juta (sekitar Rp 3,9 triliun). Itu hanya untuk pemirsa di AS.

Di Negeri Paman Sam, yang ingin menyaksikan pertandingan tersebut melalui layar kaca harus membayar USD 100 (sekitar Rp 1,3 juta). Jadi, sungguh beruntung penggila tinju di Indonesia yang bisa menonton pertarungan tersebut tanpa bayar alias gratis.

Yang tidak kalah spektakuler adalah penjualan tiket nonton live di MGM Grand, Las Vegas. Begitu penjualan online dibuka 23 April lalu, hanya butuh waktu 60 detik untuk sold out. Tentu banyak tangan calo yang ikut andil dalam memborong tiket tersebut. Penyelenggara hanya mengizinkan satu orang membeli maksimal empat lembar tiket.

Hingga dua hari lalu, masih tersedia tiket di kalangan reseller. Tetapi, harganya ’’mengerikan’’. Yang termurah adalah USD 4 ribu (sekitar Rp 52 juta). Sementara itu, tiket termahal dibanderol USD 10 ribu (sekitar Rp 130 juta). Padahal, harga tiket resmi termurah ’’hanya’’ USD 1.500 (sekitar Rp 20 juta) dan yang termahal USD 7.500 (sekitar Rp 97 juta).

Total, dengan mengacu kepada berbagai sumber pemasukan, duel Mayweather kontra Pacman bernilai USD 400 juta (sekitar Rp 5,2 triliun)! (cak/c4/ca)

Kirim Komentar