18 Apr 2015 02:33

Pembunuh Tuama Tondano Diringkus

MyPassion
DIAMANKAN: Tim Buser Polres Minahasa bersama tersangka RK alias Kapo (tengah) saat diamankan di Mapolres Minahasa, kemarin.

TONDANO - Pelaku  pembunuhan terhadap korban Tio, warga Liningaan Lingkungan IV, Kecamatan Tondano Timur Jumat (10/4) pekan lalu, akhirnya diciduk anggota Buser Polres Minahasa, Jumat kemarin. Penangkapan dilakukan di Kelurahan  Tara-tara, Kecamatan Tomohon Barat, siang kemarin sekira pukul 12.30 Wita. Penangkapan ini dibenarkan oleh Kapolres Minahasa AKBP Ronald Rumondor. "Ya, kami sudah menangkap pelaku  pembunuhan di desa Taler, kecamatan Tondano Timur pekan lalu," katanya.

 

Ia pun memberikan apresiasi kepada warga yang berinisiatif melaporkan keberadaan tersangka. "Kita juga memberikan apresiasi kepada anggota yang sudah bekerja untuk mencari keberadaan tersangka," lanjutnya. Ia menghimbau, warga agar jika melihat perilaku mencurigakan langsung melapor. “Bisa saja kan ada pelaku-pelaku kejahatan disekeliling kita, untuk itu warga bisa segera melapor bila ada hal yang mencurigakan di sekitarnya,” imbau Rumondor.

Terkait kronologis penangkapan, Kepala Unit Buser Satuan Reskrim Polres Minahasa Aiptu Ronny Wentuk, usai penangkapan menuturkan, pelaku yang bernama Ricard Kapojos alias Kapo (19) warga kelurahan Tolour Kecamatan Tondano Timur, ditangkap di salah satu rumah warga di Kelurahan Tara-Tara Kecamatan Tomohon Barat.“Menurut pengakuan tersangka, ia melarikan diri setelah melakukan penikaman yang menyebabkan korban meninggal pekan lalu. Ia berjalan kaki menyusuri perkebunan ke arah Tomohon," jelasnya.

Menurut informasi yang dihimpun, usai melarikan diri ke hutan, Kamis (16/4), ia naik mobil milik pria bernama Opi. Selanjutnya, kepada Opi pelaku berkata tidak ada tujuan sehingga Opi mengajak ke rumahnya di Tara-Tara. Di rumah Opi, pelaku kemudian mengakui dirinya merupakan pelaku pembunuhan. Mendengar hal itu, keesokan harinya (Jumat, red) Opi langsung menghubungi Polres Minahasa yang langsung menjemput pelaku. "Setelah mendapat laporan warga, kami langsung menjemput pelaku. Ia dijemput tanpa melakukan perlawanan," tukasnya.

Diketahui, Ricard Kapojos alias Kapo merupakan buronan polisi akibat tindakan pembunuhan yang terjadi pekan lalu. Setelah seminggu pengejaran, tim Buser akhirnya berhasil mengamankan pelaku. Saat ini, pelaku sementara dimitai keterangan di Polres Minahasa. (*)

Kirim Komentar