10 Mar 2015 03:26

Max Verstappen, Pembalap Termuda F1 Berusia 17 Tahun

MyPassion
Max Verstappen, Pembalap Termuda F1 Berusia 17 Tahun. Foto Telegraph

LONDON – Keputusan Red Bull mempromosikan Max Verstappen ke balapan Formula 1 mendapatkan banyak kritik. Seperti diketahui, Max kini jadi pembalap termuda sepanjang sejarah yang akan berada di lintasan F1 karena baru berusia 17 tahun.

Bahkan, pertama kali resmi berkostum Toro Rosso, tim satelit Red Bull, anak dari mantan pembalap F1, Joss Verstappen itu masih berusia 16 tahun.

Meskipun kini Max sudah membuktikan bahwa ia mampu mengatasi tekanan berada di mobil balap tercepat di dunia pada beberapa sesi tes pramusim, tetap saja kritikan terus mengalir kepadanya.

Baru-baru ini, mantan juara dunia F1, Damon Hill mengatakan bahwa Max terlalu muda untuk jadi seorang driver F1 yang akan melakukan debutnya di Grand Prix Australia, akhir pekan ini.

Walaupun dianggap sebagai pengecualian karena punya bakat spesial, Hill tetap menganggap bahwa Max mengundang bahaya besar untuk tampil di F1 dalam usia yang begitu muda. Ia khawatir, pemuda asal Belanda itu tak mampu mengendalikan kecepatan mobilnya.

“Rasanya dia masih terlalu muda untuk tampil di olahraga yang sangat kompleks seperti F1,” kata Hill seperti dilansir dari Motorsport.

“Saya berharap demi dirinya bahwa ia tak mengorbit terlalu cepat, karena itu bisa membuat Anda terpuruk untuk waktu yang sangat lama jika Anda tidak berhati-hati,” imbuhnya.

Sementara itu, ketika ditanya soal juniornya yang sama-sama berasal dari Inggris, Lewis Hamilton, Hill percaya bahwa juara dunia F1 tahun lalu itu masih punya banyak titel yang akan diraih. Menurutnya, Hamilton setidaknya bisa menggondol dua titel juara dunia lagi di masa depan.

“Pada usia 30 tahun, ia masih punya banyak waktu untuk bersinar, itulah keuntungan jika Anda punya bakat, determinasi, dan fitness, dan kemudian mulai menggabungkan ketiganya dengan pengalaman,” tutur Hill.

“Saya rasa antara sekarang hingga katakanlah umur 33 atau 34 tahun, ia jelas masih merupakan pebalap yang jadi calon kuat untuk juara,” pungkas Hill. (jpnn)

Kirim Komentar