12 Nov 2014 09:54
Jembatan Koka-Kembes Belum Rampung

Minahasa Banyak Jalan Berlubang

MyPassion
TERPAKSA: Pengendara sepeda motor ini terpaksa melintasi sungai karena jembatan penghubung Koka-Kembes yang belum rampung

TONDANO—Banyaknya jalan di Minahasa yang rusak terus  dikeluhkan warga. Pantauan koran ini, di beberapa ruas jalan utama Tondano ditemui puluhan titik lubang besar maupun kecil.

“Sudah saatnya pemerintah memperhatikan infrastruktur. Jalan yang sudah rusak harus diperbaiki," keluh Merry Ubis, warga Tataaran. Hal senada disampaikan Bonny Wowor warga Tonsaru. Menurutnya perbaikan jalan janganlah setengah hati. Ia mencontohkan, jalan Boulevard-Unima yang baru diperbaiki beberapa waktu lalu, saat ini kembali berlubang. “Harusnya menyeluruh. Kalau hanya lubang-lubang yang ditutupi, pasti cepat rusak lagi," katanya.

Lain lagi keluhan Alinda Siby. Warga Koka ini kecewa karena lambatnya pengerjaan jembatan penghubung Koka-Kembes. "Kapan selesai? masakan’ harus lewat sungai terus," tambahnya.

Kadis Pekerjaan Umum (PU) Minahasa John Kussoy ketika dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut. Dibeberkannya, jalan-jalan rusak yang ada di Minahasa semuanya akan diperbaiki pada 2015 nanti. "Pemkab sudah merencanakan anggaran perbaikan jalan di sejumlah titik yang dianggap layak untuk dibenahi. Jalan yang masuk anggaran Pemkab tentu itu yang harus dikerjakan,” terangnya.

Sementara itu, untuk jalan provinsi maupun nasional di wilayah Minahasa seperti jalan protokol, tentu dikerjakan pihak yang berwenang.  "Tentunya tetap berkoordinasi dengan Pemkab Minahasa,” jelas Kussoy.

Diketahui, target pelebaran serta pengaspalan jalan di 2015 antara lain, jalan menuju Kecamatan Kombi sampai Pantai Timur, jalan dari Manado lewat Koka hingga Tondano, jalan Langowan, serta jalan menuju Rurukan.

"Ke semuanya itu akan dibenahi nanti pada tahun depan dengan menggunakan aspal hotmix,” pungkas Kussoy. (Tanya Rompas/vip)

 

Kirim Komentar