05 Nov 2014 05:53

Yang Enak Belum Tentu Enak

MyPassion
ilustrasi

KALAU kata The Changcuters wanita itu racun dunia. Heh, masa sih? Emang cewek bisa bikin situ mual-mual, pusing sampai pingsan? Tentu aja gak dong. Malah racunnya cewek bisa bikin ketagihan cowok-cowok, ya gak Bro? Hahai. Btw, akhir-akhir ini kasus keracunan lagi marak terjadi di Manado. Keracunan bisa dibagi dari berbagai jenis, mulai dari keracunan makanan, keracunan udara, sampai ada juga keracunan cinta #uhuk. Tapi kalau harus milih keracunan yang mana, mending keracunan cinta daripada keracunan makanan.

 

Semua orang emang gak mau sakit, apalagi sampai keracunan makanan. Sama kayak korban keracunan makanan di salah satu rumah makan ternama di Manado itu. Mereka juga gak nyangka kalau es kacang brenebon dengan susunya yang nikmat itu bisa bikin semaput. Ceritanya nih, para korban tersebut awalnya lemes, mual-mual dan pusing. Karena makin gawat, makanya mulai dilarikan ke rumah sakit. Dari belasan korban yang dirawat di rumah sakit, salah satunya meninggal dunia. Miris, gak dapat diprediksi sebelumnya. Bahkan pak Ai, wakil Wali Kota kita aja jadi korban keracunan beserta anaknya.

Gak hanya itu, baru-baru ini terjadi juga kasus keracunan makanan di daerah Tateli. Korbannya pun masih anak-anak. Mereka keracunan setelah makan kue lalampa. Ya ampun kue lalampa yang yummy itu masa bisa segitu berbahayanya sih? Hiks :’(.

But wait, jangan nuduh lalampa yang nggak-nggak dulu dong. Kita harus cek dulu apa sih yang bisa jadi penyebab keracunan. Karena itu Xpresi udah mewawancarai dr Ira Posangi buat mencari informasi seputar keracunan makanan. Ciri-ciri orang yang mengidap keracunan itu dimulai dari gejala ringan seperti nyeri perut, mual, muntah dan diare. “Selain itu bisa juga sampai mengalami dehidrasi dan berujung kematian,” katanya. Dokter Ira menjelaskan, kalau udah keracunan yang harus dilakukan yaitu periksakan diri ke dokter. Karena yang paling penting menjaga atau mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. “Dalam kasus berat, pasien harus diberikan cairan lewat infus dengan perawatan di rumah sakit,” tuturnya.

Masalah keracunan jelas gak boleh anggap remeh, karena bisa berakhir kematian. Hal ini dikarenakan dehidrasi, dimana penderita bakal muntah-muntah dan diare yang hebat, yang terkadang gak bisa diimbangi lagi dengan asupan makanan atau cairan oral aja. Maka dari itu, dokter Ira menyarankan agar Xtion harus berhati-hati saat jajan di luar rumah atau makan di rumah makan. “Perhatikan tingkat kebersihan tempat tersebut. Mulai dari cara mereka membersihkan, mengolah serta menyajikan makanan, kira-kira layak atau nggak. Karena faktanya makanan di luar itu lebih susah kita nilai kebersihannya dibanding makanan yang kita olah sendiri,” pesannya.

Kalaupun untuk makanan yang diolah sendiri, selalu perhatikan keadaan bahan mentahnya, jangan sampai melampaui tanggal kadaluarsa atau mengalami pembusukan. “Selanjutnya Xtion juga harus perhatikan cara mengolahnya. Pastikan dimasak dengan benar,” tutup dr Ira. See? Sekarang, masih mau berani jajan sembarangan? Bukannya mau nakut-nakutin, tapi gak ada salahnya berhati-hati. Kalian juga gak perlu harus ubek-ubek makanan di restoran buat diperiksa atau harus ke dapur untuk ngecek apa makanannya bersih atau nggak. Tapi, ada baiknya Xtion kalau mau makanan di rumah aja. Jelas-jelas diperhatikan tingkat kebersihannya. Oke? Siplah! (mit/tkg)

 

First Aid

JIKA gak sempat bawa ke rumah sakit, ada beberapa cara yang bisa Xtion lakukan saat lihat ada korban keracunan. Yuk disimak. (mit/tkg)

 

Keracunan pestisida

Cus minum air kelapa hijau yang dicampur dengan garam dapur. Usahakan agar bisa muntah, dengan cara memasukkan jari bersih ke kerongkongan. Pastikan tangan Xtion udah steril sebelum dimasukkan ke dalam mulut.

 

Keracunan singkong, gadung atau kara benguk

Hal ini bisa ditolong dengan minum air kelapa hijau yang diberi sedikit garam. Selain itu bisa juga dicampur gula kelapa. Tapi jangan pakai es sama santan, ini bukan bikin cendol cyin.

 

Keracunan jamur

Untuk mengobatinya, minumlah sebutir telur ayam yang udah dikocok. Tambahkan santan kental atau air kelapa hijau satu gelas.

 

Keracunan makanan busuk

Kalau keracunan akibat daging kalengan yang udah busuk, berikan norit dan usahakan agar supaya Xtion sampai muntah. Ini gunanya buat ngeluarin makanan yang udah dilahap tadi.

 

Keracunan udang

Sama seperti cara di atas, usahakan agar penderita jadi muntah, atau minum air kelapa hijau. Supaya cepat muntah, penderita bisa minum susu sapi mentah. Xtion gak harus cari sapi buat diperas dulu susunya, kalau gak dapet boleh minum telur mentah yang udah dikocok.

 

Keracunan ikan busuk

Segera minum segelas santan kelapa yang kental. Lalu lanjut minum air kelapa muda. Dapat juga ditambahkan 20 gram kaolin pada air kelapa tersebut.

 

Keracunan yodium

Xtion boleh minum larutan tepung beras. Usahakan sampai muntah.

 

Keracunan zat-zat asam (air keras, asam, karbol, dll)

Minum air sebanyak-banyaknya. Jika minum susu, berikan tablet kapur. Cuci perut dengan memakai garam Inggris.

 

Keracunan alcohol

Usahakan agar muntah, setelah muntah berikan kopi pahit dan kompres kepala dengan es.

 

Keracunan aspirin (asetosal)

Berikan susu atau santan kelapa. Dan usahakan sampai muntah.

 

Keracunan obat tidur (valium, veronal)

Minum air sebanyak-banyaknya sampai hueks a.k.a muntah. Berikan norit dan garam Inggris sebagai pencuci perut.

 

Hati-hati sama Ini

KITA emang tahu kalau makan buah-buahan dan sayur itu sehat. Tapi jangan salah coy, karena ada beberapa buah dan sayuran ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan. Gak percaya? Yuk simak satu ini. (*/tkg)

 

Tomat Muda

Dalam tomat muda ada atropin dan solanin dari golongan gikoalkoloid. Racun ini terdapat pada tomat yang belum matang, karena rasanya masih pahit. Penderita akibat racun dari tomat muda itu akan mengalami perdarahan akut di saluran cerna, letih, sulit bernafas, menggigil, sakit kepala, bahkan kelumpuhan bahkan kematian pada kasus yang berat. Ih sereeem! Makanya makan tomat yang udah matang, karena kandungan solanin akan berubah menjadi solanidin yang efeknya gak merugikan.

Kacang Merah

Tahu gak, kacang merah atau yang akrab disapa kacang brenebon ini mengandung fitohemaglutinin yang dapat membuat sel darah merah dan darah putih menggumpal. Hal ini bisa terjadi jika kacang merahnya dikonsumsi secara mentah atau kurang matang. Makanya pastiin kacang merah udah dimasak hingga benar-benar matang, atau sampai teksturnya udah lembut.

 

Apel

Gak nyangka ya Bro, ternyata apel juga berbahaya. Tapi tenang, yang berbahaya hanya di bagian bijinya aja. Para Ilmuwan berhasil menemukan bahwa biji apel mengandung cyanogenic glycoside atau sianida. Meski belum pasti berapa banyak biji yang harus ditelan sampai berujung kematian, tapi setidaknya, begitu makan apel dan Xtion langsung atit peyut, muntah-muntah, keringat berlebihan, langsung lari ke dokter. Karena bisa jadi kamu saat itu keracunan sianida.

 

Kentang

Umbi yang satu ini mengandung solanin dan chaconine dari golongan gikoalkoloid. Hal ini terlihat jelas pada kentang yang bernoda hijau pada umbinya, bertunas, atau yang udah membusuk. Makanya kalau pilih kentang hindari yang sudah begituan. Kalau udah terlanjur beli, buang noda hijaunya lalu rendam kentangnya dalam larutan air yang telah dicampur garam.

 

Bayam

Makanan Popeye ini mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium. Kalau udah begitu, kalsium gak dapat dimanfaatkan oleh tubuh lagi dan membentuk kristal yang dapat mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Maka dari itu masak bayamnya hingga mendidih kemudian buang airnya untuk mengurangi kandungan asam oksalat. Selain itu jangan mengkonsumsi bayam secara berlebihan.

 

 

Kirim Komentar