04 Nov 2014 10:34

Pretty Little Liar

MyPassion
Model: Vheren (Manado Internasional School) Foto: Fau/XP Ilus: Rifai/MP

KATANYA punya 5 mobil, 2 villa sampai-sampai pesawat jet pribadi lagi. Itu punya sendiri atau punya orang terkaya nomor satu di dunia, sih? Ngomong begituan yang mungkin terdengar lebay gak apa-apa selama itu asli dan nyata. Beda ceritanya kalau omongan tersebut hanya kongkalikong. Itu sih namanya pamer. Ehh? Bukan, orang kayak gitu pantas disebut pembohong. Udah pamer sana-sini tapi nyatanya punya orang lain atau bahkan khayalan doang. Apa udah putus urat malu kali yaa, sampai ngomongnya udah gak ada yang bener.

Bicara soal dusta *backsound horror*, gak hanya yang berskala besar seperti yang di atas aja, Xtion. Tapi banyak kebohongan kecil-kecilan yang sering dilakuin sama kita-kita di setiap hari secara gak sadar. Contohnya bohongin ortu, bohongin guru sampai pacar. Sampai-sampai ada yang tega membohongi perasaan sendiri #hiks. Tapi kalian jangan pada niru kelakuan yang jelek kayak gitu, yah. Kalau ada yang udah pernah bahkan udah terbiasa berbohong mending buruan tobat, deh.

Jangan sama kayak teman kita yang berikut ini. Katanya dia doyan banget ngibul, apalagi sama pacarnya. “Sama ortu dan teman-teman juga sering gue tipuin. Tapi gue gak nyadar aja waktu ngelakuinnya. Atau biasanya gue kalau boong itu ada alasannya,” aku cewek yang nggak mau dikorankan namanya ini.

“Yang paling sering jadi korban kebohongan adalah pacarku. Biasanya kalau mau jalan-jalan, gue bilangnya sama teman-teman. Haha, gak taunya sama gebetan gue,” ungkap murid di salah satu SMA Negeri ternama di Manado itu. Wah pelajaran nih buat Xtion yang lain, kalau punya pacar, mulai dari sekarang lebih waspada. Siapa tahu pacarmu itu selingkuh sama mimin @XpresiMp, *evil grin*.

Beda lagi yang dialami sama Genesha Manembu. Murid SMP Providensia Manado ini punya kakak yang suka nipu. "Biasanya kakakku itu sering bohong sama mama dan papa. Gak tahu sampai berapa kali, tapi yang pasti sering banget,” beber cewek yang akrab disapa Nesha itu. Kakaknya Nesha ini suka boongin ortunya tentang tugas-tugas di sekolah. “Katanya gak ada tugas atau pr dari gurunya, eh gak taunya banyak banget," cuap cewek pecinta Angry Birds tersebut.

Seperti kata pepatah, sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga, begitupun yang dialami sama kakaknya Nesha. Aksi bohongnya ini pernah ketahuan sama ortunya. “Waktu itu dia bohong ke mama katanya dia mau ke rumah teman buat ngerjain tugas kelompok. Tapi ternyata dia malah keluyuran ke mall sama teman-temannya. Karena ketahuan, akhirnya dia malu sendiri, deh,” papar Nesha.

“Dia gak dihukum berat-berat amat, sih. Cuman kena marah doang. Tapi tetap aja masih diijinin keluar rumah," lanjutnya lagi.

Maraknya para penipu belakangan ini, bikin Excel Sulangi geram. Siswa SMA Katolik Theodorus Kotamobagu ini anti banget sama penipu, apalagi kalau boonginnya udah menyangkut orang tua. “Aku takut banget berbohong. Apalagi bohong ke ortu. Soalnya aku anak satu-satunya dan gak mau bikin mama dan papa kecewa sama aku,” tutur cowok yang hobi belajar ini. Meski pernah terbesit buat berbohong, tapi yang namanya komitmen dari awal, tetap aja gak mempan. “Gak mau berbohong deh, soalnya nanti pasti aku bakalan menyesal sendiri," tutup Excel. Salut Bro! Moga-moga aja banyak Excel lain di luar sana. (mit/tkg)

 

Diidentifikasi Dulu!
DUNIA makin penuh sama yang namanya kebohongan. Pejabat aja yang katanya mau bantuin rakyat bisa boong, apalagi kita-kita yang masih kecil gini coy. Tapi, gak ada salahnya kalau dideteksi sekarang, apa kamu seorang pembohon kelas kakap atau nggak. Kalau udah selesai dijawab, kalian langsung jumlahin terus bisa cek hasilnya di bawah. (mwa/tkg)

1. Kamu udah takut banget, soalnya merusak barang kesayangan ortu. Hal apa yang akan kamu lakukan?
a. Pura-pura gak tau. Terus waktu ditanya mama papa, tetap pasang mimik wajah polos kayak Nagita Slavina, yang gak tau apa-apa. (3)
b. Cepat-cepat cari barang pengganti yang mirip dengan barang kesayangan ortu sebelum ketahuan mereka. (2)
c. Jujur kepada ortu, dan siap menerima hukuman. (1)
 

2. Pas udah janjian sama teman buat nongki-nongki, ternyata gak diberi ijin sama ortu. Kalian bakal...

a. Yaa batalin aja janjiannya. Dan berusaha buat cari waktu lain. (1)
b. Maksa ortu buat ngasih ijin, terus pakai alasan yang penting banget. (2)
c. Bilang ke ortu kalau kamu mau ngerjain tugas kelompok di rumah teman. (3)

3. Pas lagi belajar, kamu ngajak temenmu buat ikut makan ke kantin. Eh, tiba-tiba kepergok sama guru. Reaksi kamu?

a. Nyalahin teman kamu. Katanya dia yang ngajak makan. (3)
b. Pura-pura bego. Terus ngomong ke guru “duh pelis deh, dah sakit maag nih, makanya harus makan”. (2)
c. Minta maaf ke guru dan berhenti makan. (1)

4. Sehari bisa berapa kali berbohong?

a. Jarang banget. (1)
b. Gak terhitung. (3)
c. Hmm, lumayanlah. (2)

5. Biasanya siapa aja yang sering kalian bohongin?

a. Semua orang. (3)
b. Orang tua. (2)
c. Teman sebaya. (1)

Angel Mode On (5-7)
Celamat! Kamu emang tipe orang yang anti sama kebohongan. Kamu harus mempertahankan sifat seperti ini. Karena jarang banget punya orang yang gak suka bohong, apalagi di zaman seperti sekarang ini. Sebarin sifat positifmu ini ke teman-teman yang lain. Oke Bro?


Syiki-syiki (lama-lama jadi bukit) (8-10)
Wah, kamu udah termasuk pembohong disini. Meski belum masuk di tahap yang berbahaya, tapi yang namanya bohong tetap aja bohong. Kalau kamu masuk di kategori ini, biasanya berbohong karena ada maksud tersembunyi. Kebiasaan bohongmu ini bisa berhenti, tapi akan makin gawat kalau dibiarkan.


Pembohong Stadium Akhir (11-13)
Wah, parah nih! Kalian udah jadi pembohong kelas kakap. OMG, you guys need to stop, really. Cukup deh dunia ini penuh dengan para jones, jangan ada lagi para penipu ulung yang lain. Yang masuk di tahap berbahaya ini, mereka udah gak sadar apa yang diucapkannya. Bisa jadi semua hidupnya penuh dengan kebohongan.

 

Daily Liar

BERIKUT beberapa jenis kebohongan yang mainstream terjadi di kalangan anak muda. Cus dibaca dulu, siapa tahu kamu termasuk salah satu pelakunya, atau bahkan  korbannya. (nes/tkg)

 

Korban : Orang tua

Modus : Minta uang komite plus bayar buku pelajaran

Ternyata …

Uang komite yang seharusnya masuk ke dompet kepsek *eh, maksudnya sekolah, akhirnya tersalurkan ke dompet para tukang online shop. Mungkin dah gak kuat kali pelototin sepatu Nike Air Max dengan warna neon yang menyilaukan mata itu. Tapi apa daya, karena dompet teteup aja tipis, ditambah lagi tuntutan pacar buat beli sana-sini, akhirnya pikiran jahat terlintas untuk menguras uang komite. Eits, jangan dulu hepi, masalahnya uang komite yang dipakai itu mau diganti dengan cara gimana?

 

Korban : Teman

Modus : So otw cyin…

Ternyata …

Udah di jalan juga, tapi jalan ke kamar mandi (read : mandi). Ceritanya sih mau jalan-jalan. Temenmu udah mau nyampe, dan saat ditanya dimana, kamunya malah baru mau mandi. Entah apa yang menjadi alasan suka boong begituan, tapi yang jelas kalau kamu punya teman seperti itu jelas gak kreatif. Kenapa? Masa dari dulu sampai sekarang alasannya udah kayak rambut kak Seto, begitu-begitu aja. Cari alasan lain dong Bro, biar temenmu gak tahu kalau situ lagi boong, mwuehehe.

 

Korban : Gebetan

Modus : Nambah temen

Ternyata …

Peliiiis deh, masa cowok seganteng-ganteng serigala kayak kamu harus dilewatkan begitu aja. Gak mungkin dong! Makanya pura-pura deh pasang alasan nambah teman, biar bisa hangout bareng. Zaman sekarang yang kece badai tuh harus disikat duluan, sebelum orang lain yang ambil. Pertarungan merebut cewek dan cowok kece di Manado emang sesengit The Hunger Games. Banyak cara dilakuin biar gebetan masuk di perangkap cinta, termasuk berbohong.

 

Korban : Murid

Modus : Biar bikin nuansa kelas terasa sejuk

Ternyata …

Ya ampun pot tanaman yang disuruh sama guru ilang entah kemana. Kasus seperti ini sering terjadi saat lomba menghias kelas atau awal masuk kelas. Biasanya beberapa wali kelas akan menyuruh murid-muridnya buat bawa pot tanaman. Sebulan kemudian, satu per satu pot bunga mulai lenyap. Pas acara di rumah wali kelas, kok adem banget suasananya. Eh gak taunya, itu karena pot bunga hasil jarahan di kelas. Waduh! Kenapa gak sekalian pohon di sekolah aja gak ikut ditebang bu? *ckck.

 

Kirim Komentar