03 Nov 2014 03:07

Bollywood Hits Again

MyPassion
Model : Chindana Oroh (SMAN 7 Manado) Foto: Fau/Xpresi Ilus: Rifai/MP

DUNIA perfilman emang gak pernah ada habisnya ngeluarin terobosan baru. Mulai dari penambahan effect sampai editan gambarnya yang kece maksimal. Belum lagi, sound effect yang bikin shock kayak film horror. Itulah ciri khas film Hollywood. Beda lagi nih, ada juga film yang punya ciri khas dengan menyanyi sambil menari di bawah rintik hujan. Soal itu, Bollywood juaranya.

Aktris sama aktor Bollywood juga gak kalah cetar sama bintang Hollywood loh. Siapa coba yang gak kenal sama om Shah Rukh Khan? Pasti waktu kecil dulu, kalian sering banget mantengin televisi buat nonton film mereka.

Dan baru-baru ini, masyarakat Indonesia mulai diserang demam Bollywood berkat serial Mahabharata. Duh, untuk serial ini, ibu-ibu kompleks pasti gak bisa lepas pandangan, apalagi kalau Arjuna ganteng udah nongol di layar. Kira-kira Xtion suka apa nggak nih sama drama Bollywood? Seperti apa pendapat mereka? Semuanya akan dikupas secara tajam *eaaa. Talalu banya mulu, yuk langsung aja dibaca.

Pertama ada teman kita, Pramugita Tooy. "Aku suka banget nonton drama Bollywood atau yang lebih sering aku sebut film India. Mulai dari Kuch Kuch Hota Hai, 3 Idiots, dan masih banyak lagi, hehe,” ungkap siswi dari SMAN 1 Manado tersebut. Saat ditanyai alasan kenapa suka banget nonton film Bollywood, itu karena kualitasnya yang top, baik dari segi film sampai pemain. “Kalau udah ada adegan yang bikin galau, uhh sedih banget. Aku pernah nangis karena film India, hehe. Soalnya aku udah menghayati banget. Makanya gue juga ikut nangis bombay deh,” tuturnya gadis yang suka banget sama hal-hal yang bersangkutan dengan Jepang ini.

Beda orang, tentu beda pendapat. Selanjutnya ada Revylti Sepang dari SMA Kr Eben Haezar Manado. Katanya dia anti dengan drama Bollywood.

"Aku gak terlalu suka sama drama Bollywood, karena menurutku drama kayak gitu tuh alay banget,” jelasnya. Vylti –sapaan manjanya- memilih film action dibandingkan drama. “Apalagi kalau di Bollywood tuh, terlalu banyak adegan menyanyi dan menari yang menurutku gak jelas banget. Astaga, emang dari dulu sampai sekarang aku gak pernah tertarik ama drama Bollywood hehe," beber Vilty.
Dan yang terakhir ada Veren Santoso dari SMK Xaverius Manado. "Drama Bollywood gak jelek-jelek amat. Soalnya gak ada adegan naga terbangnya, hehe,” seru Veren sembari menambah kalau dia katanya pernah pernah nonton Koi Mil Gaya sama Kuch Kuch Hota Hai. “Banyak sih yang bilang kalau drama Bollywood itu alay, tapi menurutku romantis banget malah. Apalagi kalau ada adegan kejar-kejaran di pohon, lucu banget liatnya," tutup gadis yang suka banget sama Hello Kitty ini. (mwa/tkg)

 

Lessons Learned

BUAT para Bollywood-lovers, pasti masih pada ingat dong sama film-film yang ngetop di zaman lalu. Kalau udah pada lupa syiki, berikut beberapa film yang bikin Xtion menitikan air mata dan air-air lainnya *loh? Yuk disimak! (nes/tkg)

 

My Name Is Khan

Film ini memberi gambaran bahwa bila kita memotivasi diri untuk mencapai hal yang diinginkan itu bisa-bisa saja, asalkan ada niat. Jangan melihat diri pada keterbatasan tertentu. Tapi percayakan diri bahwa kamu mampu. Mimpi itu kan gratis, jadi kenapa harus takut bermimpi?

 

Kuch Kuch Hota Hai

Ibarat film Hollywood, ini kayak Titanic tau gak, sedihnya dapet banget. Arti kebenaran cinta yang sesuai takdir terpampang jelas di cerita ini. Yang jelas film ini menghibur banget belum lagi alur ceritanya dan soundtrack-nya yang enak banget buat didenger. Tapi tau gak arti dari Kuch Kuch Hota Hai? Artinya a feeling in the heart atau suatu perasaan di dalam hati. Duh, nusuk!

 

Slumdog Millionaire

Film yang pernah meraih Oscar ini penuh dengan pesan moral loh. Ini bisa menjadi contoh bahwa mimpi itu bisa jadi kenyataan dan menjadi milik siapa aja, termasuk orang susah. Belum lagi film ini bisa mengajarkan bahwa semua pengalaman yang terjadi di hidup ini akan menjadi pelajaran buat diri sendiri. Karena kita gak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan nanti.

 

Made in Bollywood

TIAP jenis film pasti punya ciri khas masing-masing. Kalau film Hollywood terkenal dengan adegan-adegan action ala agen FBI, lain lagi dengan film Bollywood. Nah, kira-kira apa ya yang bikin film atcha-atcha ini makin digemari penontonnya? Yuk disimak rubrik berikut! (fau/tkg)

Senang Sedih Ada Lagunya
Mau senang pasti nyanyi. Mau sedih juga pasti nyanyi. Film Bollywood terkenal dengan nyanyian-nyanyian dalam film yang selalu mencuri perhatian penonton. Terus apa bedanya sama serial Glee, film Pitch Perfect atau High School Musical yang isinya juga banyak dengan scene nyanyian? Beda dong! Kalau di film Bollywood, saat tokoh utamanya lagi senang pasti dia langsung nyanyi dan atmosfer di sekitarnya juga berubah jadi ceria, semua ikut bernyanyi. Begitu juga kalau tokoh utamanya lagi sedih (ini yang agak anti-mainstream) pasti langsung nyanyi lagu sedih sesuai isi hati dan semua seperti ikut larut dalam kesedihannya (bonus setting hujan tambahan).

Maksimalkan Setting
Ngomongin soal setting film Bollywood memang kreatif banget dalam memanfaatkan setting film. Ada pohon, pasti dilibatkan dalam tarian (misalnya lari-lari keliling pohon, sembunyi-sembunyi syantique buat pemeran yang lagi kasmaran, dll). Ada taman, wah gak usah ditanya lagi, puluhan figuran akan langsung berdatangan dan ikut menari. Tangga, tempat duduk, meja, semua bisa dimaksimalkan dalam adegan dance ala India.

Bukan Kostum Biasa
Dimana lagi kita bisa menemukan kostum anti-mainstream ala film India. Pemeran-pemeran wanita dalam film India pasti akan menggunakan kain Sari khas India, lengkap dengan atribut-atributnya. Dengan warna-warnanya yang eye catching bikin cewek-cewek India makin cantik dan cetar. Atcha-atchaaaa!

Syah Rukh Khan All The Time
Tanyain deh ibu-ibu tetangga kalau pada kenal sama Syah Rukh Khan! Dari dulu sampai sekarang aktor yang satu ini selalu mendapatkan tempat di hati penontonnya. Bahkan banyak ibu-ibu yang nyetel film India cuman buat ngeliat sosok gantengnya. Segitu cintanya kah sama Syah Rukh Khan? Kasihan ya Cakra Khan yang selalu hidup di bawah bayang-bayang Syah Rukh Khan (kemudian lagu Butiran Debu berkumandang).

Moral Value
Gak sekedar nyanyi dan nari India, film Bollywood tentu juga punya moral value yang selalu menyentuh hati. Mulai dengan cerita cintanya yang mellow-nya saingan sama drama Korea, kisah heroik ala Mahabrata, sampai cerita-cerita persahabatan kayak 3 Idiots. Sutradara film Bollywood juga suka bikin alur cerita yang tak terduga.

 

Kirim Komentar