29 Okt 2014 06:55

Hati-hati Diintai Penyakit

MyPassion

“BANTAL guling!” Seperti itulah kata para cewek maupun cowok yang punya pacar “puti” a.k.a puru timbul, mwuehehe.

Meluk pacar yang punya perut kayak bantal guling emang punya sensasi tersendiri. Karena rata-rata berisi lemak, rasanya kayak lagi meluk bantal gulingkan. Itulah keunikan punya pacar yang punya kelebihan di bagian perut. Beberapa orang emang suka ataupun pengen punya pacar buncit, tapi ada juga yang ilfeel sama gebetnya karena perutnya seperti sarang Anaconda.

Bagi yang buncit dan diterima apa adanya sama pacar yah baguslah. Beda cerita xtion yang lagi jomblo ngenes karena punya perut buncit, pasti bikin pikiran kacau terus larinya di makanan melulu. Yang jelas sekarang tuh semua orang lagi berlomba-lomba membentuk perutnya terlihat lebih kece, biar bisa pamer di Instagram gitu. Mau cowok atau cewek udah rajin nge-gym biar punya badan impian. Tapi nih, ada juga yang gak ke tempat fitness dan memilih olahraga di rumah buat mengecilkan perut.

Tapi tau gak, untuk mengecilkan perut, sit up aja gak cukup efektif loh. Saat Xtion berolahraga jaringan otot akan berada dalam stres dan mengalami kerusakan. Tubuh merespon hal ini dengan membangun kembali jaringan otot yang rusak menjadi jaringan otot yang lebih kuat. Otot tersebut akan terus beradaptasi dan berkembang sesuai beban latihan yang diberikan.

Proses perbaikan otot ini  juga membutuhkan kecukupan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup. Saat massa otot tumbuh, disebut dengan Hypertrophy, maka jaringan otot tersebut akan terlihat lebih menonjol, atau biasa disebut dengan toning muscle. Proses ini gak hanya dialami cowok, tapi perempuan juga.

Selain proses perkembangan otot, ada juga yang namanya proses fat reduction. Ini adalah saat di mana sel-sel lemak dipecah oleh tubuh dan digunakan sebagai cadangan energi. Sel-sel lemak sendiri merupakan kombinasi dari lemak dan gula yang telah dikonversi melalui proses kimia dalam proses pencernaan. Sel-sel lemak yang digunakan tubuh sebagai cadangan energi ini disebut juga sebagai trigliserida.

Trigliserida adalah kombinasi dari tiga asam lemak dan satu molekul gliserol. Gliserol sendiri merupakan gula dalam bentuk yang berbeda. Gliserol dapat diubah menjadi glukosa yang berubah lagi menjadi glikogen sebagai bahan bakar otot saat kontraksi. Nah, setelah menjalani latihan yang panjang seperti berlari, berenang, latihan beban, atau pun aerobik, kadar glikogen dalam otot akan menurun. Hasilnya, tubuh akan menggunakan gula darah tubuh (glukosa) dan mengubahnya menjadi glikogen sebagai bahan bakar.

Jika glukosa dalam tubuh berkurang, maka tubuh akan mencari cadangan energi lain yaitu dengan memecah sel-sel lemak yang tersimpan, atau bahkan menggunakan jaringan otot sebagai bahan bakar. Intinya, pemecahan sel-sel lemak akan terjadi saat tubuh mengalami penurunan glukosa darah. Sedangkan, melatih otot di bagian tertentu tubuh gak dapat mempengaruhi sel-sel lemak secara langsung. Itulah sebabnya mengapa spot reduction atau mengurangi lemak di bagian tubuh tertentu menjadi tidak mungkin, karena tubuh akan menentukan sendiri di bagian mana lemak akan dibakar sebagai energi.

Makanya, kalau mau ngecilin perut, ada baiknya Xtion olahraga di tempat gym atau nanya langsung ke ahlinya. Karena, banyak mitor berseliweran seputar pengecilan perut buncit. Apalagi kalau ada yang nawarin obat yang katanya manjur, ada baiknya dicek terlebih dahulu. Gimana kegunaannya, jangan sampai ada efek sampingnya. Intinya sih, Xtion harus hidup sehat dari sekarang. Meski punya perut buncit imut dan menggemaskan, tapi hati-hati juga dengan berbagai penyakit yang siap menyerang. (nes/tkg)

The Reasons Why

BUNCIT emang unyu, tapi terkadang ada rasa mindernya dikit kan pas liat ada temen yang badannya kayak model Victoria Secret? Tapi tahu gak kenapa kamu bisa punya perut buncit? Cekibrot! (nes/tkg)

Faktor Keturunan
Di faktor pertama ini merupakan hal yang sulit untuk dihilangkan atau dihindari karena ini memberikan pengaruh yang besar terjadinya perut buncit.

Faktor Perubahan Hormon
Terutama saat menopause. Hal ini bisa menyebabkan penurunan dalam produksi hormon seks estrogen yang mengarah pada peningkatan lemak perut.

 

Faktor Penuaan
Dengan bertambahnya usia, produksi hormon dehydroepiandrosterone (DHEA) mulai menurun. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan telah menemukan hubungan penurunan hormon ini dengan peningkatan akumulasi lemak di perut.

 

Faktor Makanan dan Minuman Tertentu
Jumlah kalori dan lemak yang sangat tinggi atau minuman yang mengandung alcohol seperti bir bisa membuat otot menjadi kendur. Apalagi alkohol ini mengandung kalori tinggi, karena sama seperti jumlah kalori pada makanan berlemak.
 

Faktor Merokok
Tembakau pada rokok yang dihisap tiap hari akan merusak kerja pencernaan. Biasanya ketika merokok setelah makan, perut terasa kembung lantaran pencernaan gak bekerja dengan baik.

 

Faktor Stress
Kondisi psikologis dapat mengganggu kerja tubuh dan pencernaan. Stres juga dapat membuat Xtion merasa kenyang dan menimbulkan masalah pada kemampuan tubuh menyimpan lemak. Hasilnya perut terlihat lebih mengembang. Untuk mengatasinya dengan cara rileks dan bernafas secara perlahan-lahan.


You Can Do It

MAKIN pucing liat perut yang makin membesar? Daripada didiamkan terus menerus, sebaiknya Xtion langsung mencegahnya dari sekarang. Segera ikuti tips berikut ini. (nes/tkg)

 

Banyaklah Minum Air Putih
Minum banyak air putih untuk mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem. Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi empedu efektif untuk mengeluarkan produk sampah. Jangan merubah konsumsi air saat diet karena banyak bahan yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut menggelembung.

Berolahraga Secara Rutin
Sering kali kita tidak bisa menyempatkan diri berolahraga karena kesibukan kita setiap hari yang sangat mendesak. Sempatkan waktu luang sekitar 20-30 menit untuk berolahraga melakukan sit-up secara rutin setiap hari.

Mengatur Pola Makan
Pola makan yang tidak teratur adalah salah satu penyebab perut buncit, mengatur pola makan secara teratur bisa mencegah dan mengecilkan perut buncit. Kurangi makan camilan yang berlebihan yang biasa anda lakukan saat bersantai dan tidak ada kerjaan. Cobalah mengatur pola makan 3 kali sehari pada setiap waktu dan sama setiap hari, selain dapat mengecilkan perut buncit hal ini juga dapat menceggah penyakit maag.

Memilih Jenis Makanan
Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebihan dapat meningkatkan jumlah lemak dalam perut pria. Konsumsilah makanan yang mengandung protein seperti telur, roti, dan biji-bijian. Dan juga konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin.

Kirim Komentar