27 Okt 2014 06:14

Kalau Mau Sumpah, Harus Ditepati!

MyPassion
Model : Anggia Kloer (SMA Eben Haezar Manado) Foto : Fauziyyah/Xpresi Ilus : Rifai/MP

ANAK muda dari dulu dikenal dengan jiwanya yang menggelora Bung Karno Senayan *loh? Karena itulah, pada saat Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928, dideklarasikanlah Sumpah Pemuda. Anw, selamat hari Sumpah Pemuda buat kita semua. Merdekaaaa! Oke, lanjut! Alasan membentuk sumpah tersebut yang jelas karena pemuda adalah harapan bangsa. Tapi kok, makin kesini, gelora jiwa pemuda tuh pelan-pelan berubah arah sampai tak tau arah jalan pulang yaa. Akhir-akhir ini beberapa pemuda punya sumpah-sumpah baru yang nggak bikin mereka jadi berkah, melainkan jadi sampah.

Gak percaya? Liat deh mantan-mantanmu dan para pelaku PHP di luar sana! Apa sumpahnya ditepatin? Gak kan? Apa gak sadar yaa waktu itu pernah bikin sumpah? Kan kita-kita sebagai korbannya yang ngerasain akibat pelanggaran sumpah mereka. Sakitnya tuh disini *nunjuk hati*! Setelah dianalisis, orang yang punya kebiasaan asal ngomong dan ngucapin sumpah asal-asalan, gak mikir apa resiko nantinya. Tapi, justru karena banyak macam bentuk sumpah, sampai-sampai ada yang nge-remix jadi sebuah lagu. Masih inget gak sama “Demi Tuhannnnnn!!!” ? Hmm ada-ada aja yaa. Bicara soal topik hari ini, beberapa responden siap ngasih cerita buat Xtion tentang yang namanya sumpah sembarangan.

Yang pertama ada Irtanak Abdullah dari SMK Parna Raya. Salah seorang Madridista ini jangan Xtion kira korban lho, justru salah seorang tersangka. “Duh, gue suka banget nyumpah. Sehari bisa sampe tiga kali malah haha,” katanya terbahak-bahak. Ebusyet Bro, itu sumpah atau minum obat sampai harus tiga kali. “Pernah aku jalan sama teman-teman, terus pacarku nelpon mulu. Aku langsung aja ngomong udah pulang, padahal masih di jalan mau jalan-jalan. Supaya berhenti nelpon deh,” ungkapnya. Padahal, cowok yang akran disapa Thiar ini udah mengikat sumpah sama pacarnya buat gak bohong saat pacaran, ckckck.

Cerita selanjutnya ada Boy Setiawan dari SMK Negeri 1 Manado. Beda lagi sama yang dialami Boy, katanya dia malah sering disumpahin lho! “Karena aku lumayan usil, kadang temen suka banget nyumpahin aku. Aku sih biasa aja, karena belum pernah kenapa-kenapa juga,” serunya. Tapi, ternyata dulunya Boy juga sama aja kayak temannya. “Gue juga sering banget sumpah ngasal gitu ke teman-teman. Padahal iseng doang, akhirnya mereka bales dendam ke aku,” katanya lagi. Free puk-puk yaa Boy!

Terakhir ada Regina Angela Mapaliey.  Cewek yang biasa disapa Angela ini curcol syiki sama Xpresi. “Pernah bersumpah, tapi pernah juga dikhianati,” tekan Angela. Emang dikhinatinya gimana Sist? “Pernah orang itu minta balikan, dan bersumpah kalau gak bakal bikin salah lagi. Eh ternyata dianya gak tepatin. Akhirnya aku juga bersumpah, kalau gak bakalan kenal lagi sama dia, dan bakal nolak kalau dia nembak,” ujar Angela berapi-api. Terus si cowok itu nembak lagi gak? “Iya! Tapi aku tolak,” tutupnya! Yeah you go girl! (mcr/tkg)

 

Apakah Ditepati?

DEAR Xtion di seluruh penjuru negeri. Selain dikenal sumpah pemudanya, negeri kita juga punya berbagai sumpah. Seperti apa sumpahnya? Kayak gimana? Yuk dibaca aja. (set)

 

Pak Presiden

Senin (20/10) yang lalu, menjadi hari yang bersejarah banget buat seluruh warga Endonesyah. Ia dong, Pak Jokowi bareng Pak Kalla baru aja dilantik dan mengucapkan janji sebagai seorang Presiden dan Wakil Presiden. Semoga aja, janji kepala negara kita ini gak berbanding terbalik kayak hukum fisika. Semoga apa yang dilakuin itu yang terbaik buat negara kita.

 

Ahmad Dani

Yang ini terkenal buanget! Sumpah yang dikumandangkan om Dhani di dunia Twitter sempat bikin heboh. Katanya, dia bakal potong tititnya, kalau sampai jagoan capresnya gak terpilih. Dan ternyata, jagoannya gak berhasil menang. Terus sumpahnya ditepatin apa nggak ya? Silahkan tanya aja ke mas Dhani yaa.

 

Arya Wiguna

Masih inget gak sama Arya Wiguna? Dengan sumpah pocongnya, bikin Arya Wiguna makin meroket terkenal bahkan popularitas Syahrini saat itu masih kalah. Lucu juga yah kalau ingat perkelahian antar Arya Wiguna sama Farhat Abbas. Sedikit mengenang persahabatannya dengan pelantun 'Demi Tuhan' tersebut, Farhat gak nyangka kalau Arya bisa setega itu karena kasus Eyang Dubur, eh, maksud mimin Eyang Subur.

 

Promise Me!

DI era serba maju sekarang, sebagai pemuda bangsa jangan begitu-begitu aja. Butuh perubahan diri ke arah yang lebih baik. Untuk urusan bersumpah misalnya, jadilah pemuda yang bisa menepati apa yang diucapkannya. Seperti ini nih. (*/tkg)

 

Gue janji bakal membahagiakan pacar orang lain dengan sebaik-baiknya.

Seharusnya:

Jangan gitu dong! Ingat komitmen Bro! Cukuplah bikin sakit hati orang lain. Kan tau sakit hati itu lebih nggak enak daripada sakit gigi. Gigi masih bisa dicabut terus tumbuh lagi, nah hati? Meski di 2014 ini ngebahagiain pacar orang lagi hits, tapi kurang-kuranginlah.

 

Gue janji uang SPP sekolah akan dibayarkan sejujur-jujurnya, kepada online shop dengan barang-barang maha urban itu.

Seharusnya:

Xtion harus bisa ngebedain mana kebutuhan mana keinginan alias nafsu. Kebutuhan jelas wajib dipenuhi. Beda ceritanya sama keinginan sesaat. Kalau masih bisa ditahan, mending nggak usah diturutin. Jangan segala barang pengen lo belanjain, situ kan bukan Queen Atut. Yang lebih bahaya lagi pakai uang SPP segala. Apa kata Ki Hajar Dewantara ngeliat pelajar kayak gini?

 

Gue janji untuk selalu beraksi menanggapi isu-isu sekitar dengan cara menunjukkan ketidakpedulian.

Seharusnya:

Sadar dong Bro! Kamu harus sadar kalau kamu adalah manusia, bukan patung kuda di Paal 2 yang hanya diem terus. Kita harus ikut turun tangan, terus turunin pala, terus tidur, terus berpartisipasi membenahi situasi *eh?

 

Kirim Komentar