22 Okt 2014 05:56

Serba-serbi Sabun

MyPassion

SABUN! Apa masih ada orang di dunia ini yang gak tau apa itu sabun? Sama seperti yang kita ketahui, sabun itu sangat dibuthkan sama semua orang. Sabun bisa dipakai buat mandi, nyuci baju, bersihin piring, dan bukan untuk dipakai ngemil. Tapi, ada yang tau gak sih pengertian sabun sesuai teori itu apa? Sabun itu adalah surfaktan yang digunakan dengan air yang bisa Xtion pakai buat nyuci dan bersihin sesuatu.

Surfaktan (Surface Acting Agent) merupakan senyawa organik yang dalam molekulnya memiliki sedikitnya satu gugus hidrofilik dan satu gugus hidrofobik. Apabila ditambahkan ke suatu cairan pada konsentrasi rendah, maka dapat mengubah karakteristik tegangan permukaan dan antarmuka cairan tersebut. Antarmuka adalah bagian dimana dua fasa saling bertemu/kontak.

Nah setelah melalui proses yang lumayang panjang nih Xtion lemak yang ada akan terhidrolisis oleh basa, menghasilkan gliserol dan sabun mentah. Secara tradisional, alkali yang digunakan adalah kalium yang dihasilkan dari pembakaran tumbuhan atau dari arang kayu. Sabun dapat dibuat pula dari minyak tumbuhan, seperti minyak zaitun.

Nah sementara itu ternyata di beberapa negara berkembang, sabun sudah mulai digantikan dengan deterjen. Apalagi itu? Deterjen adalah sebuah senyawa, yang memudahkan proses pembersihan. Deterjen merupakan produk formulasi campuran beberapa bahan kimia, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membersihkan. Komponen utama dari tuh gak beda jauh sama sabun lho Xtion!

Deterjen pencuci adalah surfaktan, seperti Linear Alkyl Benzene Sulfonate dan builders, seperti trinatrium polifosfat, trinatrium fosfat terklorinasi, Dietanolamina, senyawa fosfat kompleks dan natrium sitrat. Tapi meski udah banyak yang beralih dari sabun ke deterjen, tapi sabun bisa dibilang masih menjadi sebuah bahan pokok yang dibutuhkan oleh semua orang. (*/mcr/tkg)

Sepak Terjang Sabun

PERJALANAN sabun cukup panjang nih, bahkan usianya lebih banyak dari bangsa kita sendiri. Seperti apa? Yuk telusuri lorong waktu bersama sabun. (*/tkg)

Abad 12 – 17

Sabun pertama kali diketahui hadir sejak abad ke-12. Dan mulai berkembang pada abad ke-17 saat orang-orang Inggris menggunakan soda abu. Pada awalnya orang mengenal bahan pembersih alami yang ada di sekitar tempat tinggal seperti air, lumpur, abu, batu apung dan lain-lain. Karena menggunakan bahan tersebut hasilnya gak maksimal. Karena hanya bisa menghilangkan kotoran di luar.

Bangsa Maroko
Di beberapa Negara seperti Maroko, memakai lumpur untuk membersihkan badan tuh udah menjadi sebuah tradisi di kalangan bangsawan guna merawat kesehatan dan kehalusan kulit. Selain itu bermanfaat dalam menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Dan ternyata, produk ini masih digunakan dan beredar di klinik-klinik perawatan kecantikan dengan nama ghassoul sebagai masker dan lulur mandi serta rambut lumpur.

Bangsa Yunani Kuno dan Indonesia

Beda lagi sama orang Yunani kuno. Mereka menggunakan lilin untuk membersihkan tubuh dan mengolesi minyak serta mencuci pakaian mereka hanya cukup dengan air di sungai tanpa sabun.

Sementara itu, nenek moyang bangsa Indonesia udah menggunakan sabun alami untuk membersihkan badan dan pakaian menggunakan produk nabati dari cairan buah klerak.

Tahun 1622

Masyarakat Amerika pada tahun 1622 mulai mengenal sama yang namanya sabun. Produk sabun ini mulai menyebar sejak pendatang dari Inggris yang bisa membuat sabun dan memperkenalkan ke warga Amerika. Pada masa sebelum itu, sabun tuh produk mewah yang menghasilkan pajak bagi pemerintah Inggris pada masa pemerintahan raja James I pada abad ke 19. Tapi setelah pajak dihapuskan, sabun menjadi lebih banyak digunakan masyarakat kelas bawah.

Tahun 1791

Produksi sabun skala komersial terjadi pada tahun 1791, sejak kimiawan dari Perancis mematenkan produk soda abu sebagai bahan baku utama sabun mandi. Saat ini banyak produk sabun yang beredar di pasaran yang masih menggunakan soda abu. Beberapa produsen menggunakan bahan alternatif selain soda abu untuk menghemat biaya dan ramah lingkungan serta aman bagi kulit seperti KOH, SLS, ABS, dan lain-lain.

Macam-macam Sabun

NAH udah pada tau teori tentang sabun kan Xtion? Sekarang @XpresiMP mau kasih tau jenis-jenis sabun tuh apa aja sih. Penasaran? Let’s check! (*/mcr)

Transparant Soap : Sabun ‘tembus pandang’ ini tampilannya jernih dan cenderung memiliki kadar yang ringan. Sabun ini mudah sekali larut karena mempunyai sifat sukar mengering.

Castile Soap : Sabun yang memakai nama suatu daerah di Spanyol ini memakai olive oil untuk formulanya. Sabun ini aman dikonsumsi karena tidak memakai lemak hewani sama sekali.

Deodorant Soap : Sabun ini bersifat sangat aktif digunakan untuk menghilang aroma tak sedap pada bagian tubuh. Tidak dianjurkan digunakan untuk kulit wajah karena memiliki kandungan yang cukup keras yang dapat menyebabkan kulit teriritasi.

Acne Soap : Sabun ini dikhususkan untuk membunuh bakteri-bakteri pada jerawat. Seringkali sabun jerawat ini mengakibatkan kulit kering. Bila pemakaiannya dibarengi dengan penggunaan produk anti-acne lain maka kulit akan sangat teriritasi, sehingga akan lebih baik jika ada Xtion yang memberi pelembab atau clarning lotion setelah menggunakan Acne Soap.

Superfatted Soap : Memiliki kandungan minyak dan lemak lebih banyak sehingga membuat terasa lembut dan kenyal. Sabun ini sangat cocok digunakan untuk kulit kering karena dalamnya terdapat kandungan gliserin, petroleurn dan beeswax yang dapat melindungi mencegah kulit dan iritasi dan jerawat.

Oatmeal Soap : dan hasil penelitian, gandum mempunyai kandungan anti iritasi. Dibandingkan sabun lain, sabun gandum ini lebih baik dalam menyerap minyak menghaluskan kulit kering dan sensitif.

Natural Soap : Sabun alami ini memiliki formula yang sangat lengkap seperti vitamin, ekstrak buah, minyak nabati, ekstrak bunga, aloe vera dan essential oil. Cocok untuk semua jenis kulit dan kemungkinan membahayakan kulit sangat kecil.

Banyak Gunanya

MUNGKIN Xtion udah banyak yang tau kalau sabun tuh dibutuhkan saat mandi buat menghilangkan kuman dan kotoran. Namun, Xtion tau nggak bahwa ternyata sabun punya kegunaan lain. Apa aja tuh? (*/mcr)

Pembasmi Serangga

Selama berabad-abad, sabun juga telah digunakan sebagai pestisida, zat pembunuh hama pada tanaman. Namun, jangan menggunakan lebih dari 2 sendok makan sabun ke dalam 3,8 liter air karena terlalu banyak sabun bisa mematikan tumbuhan. Zat yang terdapat pada sabun bisa merusak sel membran serangga, mematikannya dengan membuat mereka dehidrasi.

Pembersih Lantai Kayu

Sabun juga bisa Xtion gunakan untuk membersihkan lantai yang terbuat dari kayu. Namun, sabun harus berbahan alami dan mengandung banyak emolien, sabun dengan kandungan emolien sangat baik untuk membersihkan lantai kayu rumah sehingga membuatnya mengkilap.

Pelicin karat

Gosokkan sabun pada mur atau baut yang berkarat untuk membuatnya kembali berfungsi dengan baik. Bisa juga Xtion pergunakan untuk engsel pintu yang engselnya berderit. Pakailah sabun untuk melicinkan engselnya dan meredam bunyinya.

Pencuci pakaian

Hampir setiap orang mencuci bajunya dengan menggunakan detergen. Jika Xtion memiliki kualitas air rumah yang baik, maka lebih baik menggunakan sabun batangan berbahan alami untuk mencuci pakaian. Pada dasarnya, sabun batangan sangat baik untuk membersihkan kotoran pada pakaian.

Pembersih kaca

Sabun juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca yang baru. Setelah itu, Xtion bisa membersihkannya dengan cuka. Saat kaca dibersihkan dengan sabun, hasilnya nampak bersih dan tidak kusam.

Kirim Komentar