22 Okt 2014 05:15
Gubernur SHS Bakal Pimpin Langsung

Hari ini, Rekonsiliasi Masyarakat dan Mahasiswa

MyPassion

TONDANO—Pertikaian yang sempat terjadi antara sejumlah oknum mahasiswa Papua dan warga Tataaran pada Minggu (19/10), terus dilakukan berbagai upaya perdamaian. Keseriusan yang ditunjukkan Pemkab dan jajaran terkait, juga mendapat perhatian Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS). Informasi diperoleh, SHS akan duduk bersama dengan para mahasiswa Papua dan masyarakat setempat untuk rekonsiliasi.

Kapolres AKBP Ronald Rumondor SIK MSi membenarkan akan adanya rekonsiliasi bersama tersebut. Menurut Rumondor, kesepakatan bersama dalam upaya meredakan konflik. Jika tidak ada halangan dipimpin langsung Gubernur SHS.

“Direncanakan pertemuan tersebut akan dilakukan pada esok (hari ini, red). Semua konsepnya sementara dipersiapkan dan lokasinya masih akan dipertimbangkan apakah di Unima, Asrama Mahasiswa Papua, atau salah satu rumah dari mantan Sekprov Pak Robby Mamuaya. Kita lihat saja esok," tutur Rumondor.

Dijelaskannya, dalam rekonsiliasi tersebut akan difasilitasi Pemkab, Polres bersama aparat TNI. Menurut Rumondor, tidak ada pengawasan berlebih terkait pertemuan itu. Namun, disesuaikan dengan prosedur dan aturan yang saat ini sementara dilakukan.

Camat Tondano Selatan Robert Ratulangi SPd mengungkapkan, pemerintah sudah mempersiapkan konsep rekonsiliasi tersebut. Pihaknya berharap masyarakat tidak terprovokatif agar supaya pertemuan kedua belah pihak bisa terlaksana dengan baik.

“Kiranya semua boleh terlaksana sesuai dengan harapan dan dambaan. Agar ke depan tidak akan terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Ratulangi, seraya meyakini, semua pihak pasti ingin keamanan dan kedamaian tercipta.(ria/har/nes)

Kirim Komentar