20 Okt 2014 03:19

Seafood Lover

MyPassion
Model : Dhea Sahe (SMA Rex Mundi Manado) Foto : Fauziyyah/Xpresi Ilus : Usamah/MP

KALAU Sappada Mountain favoritnya Syahrini terkenal dengan bunga-bunga syantique-nya, Manado juga punya ikonnya sendiri. Apalagi kalau bukan keberagaman dan kekayaan sumber daya lautnya. Makanya gak usah heran kalau Manado kaya akan seafood. Yap, kali ini Xpresi akan membahas tentang seafood. Ouyeah, siap-siap deh dibikin ngiler sama gurihnya kepiting saus tiram, udang goreng crispy, cumi goreng tepung dengan tambahan mayonaise dan kawan-kawannya yang pasti maknyus! *lap ewe*

Tapi, itu bagi sebagian orang aja yang suka sama makanan yang berbau seafood. Yang lainnya anti banget yang namanya seafood. Bukan karena faktor harga seafood yang mahal loh mbrow, faktor utamanya adalah alergi. Duh, sedih ya! Banyak yang bilang alergi seafood itu rugi banget. Ya ampun mbrow, kalau aja kita bisa milih ya kita mau alergi apa, pasti juga gak ada yang mau alergi seafood. Mungkin yang ada hanyalah alergi kemunafikan, alergi tukang PHP dan alergi friendzone, ah sudahlah.

Langsung aja deh kita simak cerita seru dari responden seafood lover. Buat yang alergi seafood, sabar ya, anggap aja ikan, cumi-cumi, kepiting, udang adalah sahabat kalian bukan bahan untuk disantap. 

Pertama ada cerita dari Timothy Nelwan. Siswa SMA Kr. Eben Haezar Manado ini merupakan penggemar berat seafood. "Gak tau kenapa dan dari kapan aku mulai suka dari seafood. Yang pasti, sejak aku mulai diperkenalkan sama seafood, emang langsung jatuh cinta sama kenikmatannya," ujar Timothy dengan semangat 45. Kata Timothy, kalau dia lagi ngidam banget sama makanan yang satu ini pasti langsung bikin gerakan makan seafood sampai puas. Ya ampun Bro, jangan lupa ajak-ajak kita juga dong.

Gak jauh sama Timothy, ada juga Tiara Rompas yang doyan banget sama yang namanya seafood. "Berasa nikmat banget sih kalo makan seafood,” ungkap siswi SMAN 2 Bitung ini. Dari semua jenis seafood Tiara paling suka sama udang. “Apalagi kalau udangnya sudah diolah jadi udang goreng tepung dan dicampur dengan nasi goreng. Zdp bgt! (read: sedap banget!),” cuap Tiara. Duh makin kesini makin ngiler deh. Oke lanjut!

Gak ketinggalan, ada juga cerita dari Andre Torar. "Menurutku sih makanan laut tuh rasanya kayak bidadari," kata siswa SMA Kr. 2 Binsus Tomohon ini. Hah? Kok bidadari sih bro? Oh ternyata, menurut Andre kalau dekat sama bidadari itu rasanya adem, nikmat, menyenangkan. Jangan-jangan Andre udah pernah ketemu bidadari yaa? Ah entahlah. Yang penting, kalau Andre makan seafood jangan lupa ajak kita yaa *ceritanya emang generasi gratisan*. (kev/fau) 

 

Tips n Tricks

Cara Membersihkan Seafood

LETAK Manado yang berada dekat pantai, jelas membawa nilai lebih. Salah satunya untuk urusan makanan laut. Katanya, sih, bukan orang manado namanya kalau gak tahu makan seafood. Tapi, jangan tahu makan aja. Apa kalian juga tahu gimana cara membersihkan seafood yang bener? Kalau belum, yuk belajar sama-sama. (mwa/tkg)

Kepiting
How to :

1. Bilas kepiting dengan air bersih untuk mengeluarkan semua kotoran pada daging kepiting.

2. Pegang kepiting dengan cara terbalik di telapak tangan, dan gunakan ibu jari untuk menghilangkan kotoran di bagian bawah kepiting. Oh ya, bila ada kotoran yang menyempil di sela-sela bagian bawah kepiting gunakan ibu jari, karena akan lebih mudah ngeluarin kotoran tersebut.

3. Tarik dari bagian bawah perut kepiting dengan kedua ibu jari, karena setiap kepiting punya bagian perut bawah yang berbeda. Kepiting betina membentuk bagian bawah perut agak melingkar, sedangkan jantan agak mendatar.

4. Buang setiap bagian isi dari perut kepiting. Kalau susah ngambilnya, gunakan air untuk mengambil bagian isi perutnya.

5. Pegang bagian capit kepiting di bagian kiri dan kanan dengan dua tangan. Kepiting dalam keadaan terbalik gak akan menyerang kalian. Lalu patahkan kedua sisi capitnya sehingga kepiting akan melipat ke dalam dengan sendirinya.

6. Setelah itu bilas lagi, buanglah bagian kotoran yang tersisa di bagian capit si Mr Crab tersebut. Selesai deh!


Udang
How to :

1. Pertama dan penting yaitu pilih udang yang masih segar dan belum berbau busuk. Lalu, cuci bersih udangnya sekurang-kurangnya dua kali sebelum dikupas dan dimasak.

2. Sebelum dikupas, rendam terlebih dahulu udangnya dalam air yang panas. Kalau udah mulai kemerahan kayak mukamu yang memerah saat ketemu gebetan, itu berarti udangnya udah siap diangkat.

3. Kalau udah selesai, air rendaman udang tadi langsung dibuang yaa, jangan dipake cuci muka buat ngilangin jerawat. Setelah diangkat, udangnya bisa langsung dikupas. Mulailah dengan mengiris bagian kulit udang sepanjang badannya yang kira-kira sepanjang setengah senti senti. Lalu tarik keluar isi perut udang yang terletak di punggung. Bentuknya tuh seperti rangkaian tali berwarna kehitam-hitaman.

4. Setelah dikupas, udang harus dibersihin untuk terakhir kali. Gunanya untuk menyapu bersih kotoran-kotoran udang yang masih menempel. Cuci bersih udang dengan air hangat sekurang-kurangnya 2 kali.

Cumi
How to :

1. Pegang kuat ekor cumi, lalu tarik bagian kepalanya secara horizontal. Secara otomatis, tinta hitam pada cumi juga akan ikut keluar. Tapi, kalau Xtion mau menggunakan tinta hitam ini, bisa kok dengan cara potong tepat di dekat kantung hitam tersebut layaknya pembuluh darah.

2. Selanjutnya potong tentakel tepat di bagian mulut yang berada sebelum matanya. Ini gunanya biar tentakel tetap utuh dan kalian bisa mengambil bagian keras di dalam mulutnya. Inget, bagian tubuh cumi-cumi dilengkapi dengan tulang yang nampak transparan seperti plastik. Makanya keluarkan tulang ini dari dalam badan cumi.

3. Setelah itu, cumi-cuminya akan berselimut lapisan ungu berbintik-bintik. Lapisan ini juga harus dibersihkan. Untuk mendapatkan cumi yang putih bersih, kalian harus mengelupas lapisan ini. Temukan ujungnya yang sudah mengelupas dengan sendirinya, kemudian tarik perlahan ke seluruh badan cumi.

4. Bagian terakhir, cuci bersih cumi dengan air secara mengalir sambil dibersihkan bagian dalamnya. Buang semua isi perut yang tersisa kotoran, dengan begitu kalian akan dapet cumi-cumi yang bersih.

 

Hati-hati Yang Alergi Seafood

Oleh:

dr Frilia Athirah Affandy

 

BAGI yang anti sama namanya seafood, tentu ada alasan tersendiri. Misalnya mereka bisa kena alergi karena seafood. Yang belum tahu alergi itu apa, sebenarnya adalah perubahan reaksi pertahanan tubuh yang menolak dan gak tahan terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya. Hal ini dikarenakan sistem imun menolak alergen yang masuk dan zatnya dianggap sebagai benda asing karena dapat mengancam.

Secara reaksi yang terjadi dalam tubuh penderita akan melibatkan makanan penyebab alergi imunoglobulin E (IgE )mast sel dan basofil. Sebagai contoh, bagi orang yang alergi seafood jika mengkonsumsi makanan laut tertentu seperti udang, maka sistem imunnya akan distimulasi untuk memproduksi IgE. Jutaan igE kemudian akan disirkulasikan ke dalam darah yang nantinya berikatan dengan sel darah yang disebut basofil dan masuk hingga ke jaringan tubuh dimana sel mast terbentuk. Basofil dan sel mast inilah sel khusus dalam sistem imun, dimana berperan untuk memproduksi histamin yang menyebabkan gejala alergi.

Gejala alergi ini dapat ditimbulkan seperti gatal, kemerahan, bengkak. Gejala ringan alergi makanan yaitu kulit bentol kemerahan gatal, terkadang dapat menyebabkan diare. Sedangkan gejala beratnya berupa denyut nadi berubah drastis, penurunan tekanan darah dadakan hingga mengurangi kesadaran dan kesulitan bernapas. Untuk pengobatan utama, kenali terlebih dahulu penyebab alergimu dan menghindari alergen tersebut. Selain itu bisa minta Antihistamin sesuai resep dokter. (mit/tkg)

 

Kirim Komentar