15 Okt 2014 07:01

Long Pasta Story

MyPassion

PASTA! Satu kata, yang bisa bikin perut bunyi bak tong kosong yang perlu diisi. Yah, gimana gak bunyi coba, siapa sih yang gak bisa nahan kelezatan makanan yang satu ini. Tapi jangan jago makan doang, emang kalian tahu gimana proses perjalanan ditemukannya pasta? Kita semua emang tahu kalau pasta itu makanannya orang Italia. Kemana orang Itali pergi, mereka akan kenalin pasta ke daerah tempat tinggal baru mereka. Tapi, makanan yang satu ini ternyata punya cerita asal-usul dengan berbagai versi loh.

Sebelum lanjut, kalian perlu tahu bahwa pasta tuh jenis makanan yang terbuat dari adonan tepung gandum tanpa ragi dan air. Gandum yang digunakan adalah jenis durum semolina, dimana jenis ini memiliki kandungan gluten cukup tinggi. Gluten ini bakal mengeluarkan warna kuning dan memudahkan adonan cepat bereaksi dengan air. Kata pasta berasal dari bahasa Yunani, yakni pastos yang berarti adonan. Kalau dalam cerita mitologi Yunani kuno, disebutkan Dewa Vulcan membuat adonan dari gandum dan membuatnya menjadi setipis benang. Lalu Dewa Vulcan membagikannya kepada orang-orang untuk dimakan.

Tadi kita tahu bahwa pasta itu bukan asli dari Italia, kalau begitu berasal darimana dong? Dalam teori yang diterbitkan oleh Journal Macaroni menyatakan bahwa pasta dibawa oleh Marco Polo ke Italia setelah kunjungannya ke Cina. Saat itu Cina dipimpin oleh Dinasti Yuan. Orang Cina sudah mengkonsumsi mie sejak 3000 SM. Karena mendapat inspirasi dari situ, Marco Polo akhirnya membawa mie dari negeri tirai bambu itu ke Eropa. Ia menyebut mie Cina ini dengan nama lagana.

Ternyata, mie Cina ini berbeda dengan pasta. Teori ini ditentang, terlebih sebuah penelitian menemukan bahwa di tahun 1279 para prajurit di Genoa, Italia, sendiri sudah mengkonsumsi pasta kering. Sedangkan Marco Polo baru tiba di Italia tahun 1295. Kemudian muncul juga teori baru yang mengatakan bahwa orang-orang Timur Tengah, yakni negara Arab, yang membawa pasta ke Italia. Para bangsa Arab itu membawa pasta bersama dengan bayam, terung dan tebu yang mereka bawa dari lembah Mediterania selama penaklukan Arab Sisilia di abad ke 9. Teori ini didukung oleh catatan sejarah pada buku sejarah Talmud, yang ditulis dalam bahasa Aram, yang menyatakan bahwa pada abad 5 terdapat resep untuk memasak pasta dengan cara direbus.

Resep ini akhirnya dikembangkan di Italia sejak abad ke 12, di mana masyarakat saat itu akhirnya menemukan cara untuk membuat pasta kering supaya bisa lebih awet ketika dibawa bermigrasi ke daerah lain. Hebatnya lagi orang Italia pintar membuat resep terbaik untuk menghidangkan pasta, sehingga orang di seluruh dunia menganggap bahwa pasta adalah makananan asli Italia. (mwa/tkg/nes)

Did You Know? ///

1. Ada lebih dari 600 jenis pasta yang tersedia di seluruh dunia. Pada umumnya, pasta tersedia dalam dua bentuk, yakni segar (ravioli dan canneloni) dan kering (spaghetti dan penne).
2. Rata-rata orang di Italia mengonsumsi pasta lebih dari 51 pon pasta setiap tahunnya.
3. Bayam selalu dipakai untuk membuat pasta hijau, tomat dipakai untuk membuat pasta merah, sedangkan tinta cumi kerap digunakan untuk pasta abu-abu.
4. Pasta dan tomat seakan tak bisa dilepaskan. Tomat sudah dipakai pada saat pembuatan pasta sampai akhir 1600-an, sebelum tomat dianggap beracun.
5. Untuk memasak satu milyar pon pasta, maka dibutuhkan 2.021.452.000 galon air yang cukup untuk mengisi 75 ribu kolam renang ukuran Olimpiade.
6. Berbagai jenis pasta dikenal sebagai 'plastik' karena jadi transparan saat dimasak.
7. Pasta berkualitas terbaik dibuat dari gandum durum yang ditemukan di wilayah utara Dakota dari Amerika Serikat.
8. Pada abad ke-13, Paus menetapkan standar kualitas untuk pasta.

9. Orang Cina memiliki catatan menikmati pasta sejak 5000 SM.

Popular Pasta

DI dunia ini jenis pasta tuh sudah mencapai 600-an lebih. Kalau mau dimuat di halaman ini kayaknya gak mungkin Bro. Makanya kita kenalin jenis pasta yang terkenal aja yaa. Lumayan bisa nambah info terus cuci mata gitu, hehe. (tkg)

Spaghetti

Spageti adalah pasta berbentuk seperti lidi panjang tanpa lubang. Biasanya Spageti disajikan dengan saus tomat dan daging cincang.

Farfalle

Pasta Farfalle adalah pasta yang yang berbentuk seperti dasi kupu-kupu dengan tepi yang bergerigi. Pasta ini sering disajikan bersama hidangan salad atau sajian utama dengan saus creamy.

Conchiglie

Bentuk Conchiglie menyerupai kulit kerang. Pasta ini dapat disajikan bersama saus atau ditambahkan ke dalam sup maupun salah

Cannelloni

Pasta Cannelloni berbentuk seperti pipa berlubang. Umumnya berdiameter sekitar 3 sentimeter dan panjangnya sekitar 5 sentimeter. Pasta ini cocok dimasak dengan daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus

Rigatoni

Rigatoni merupakan jenis lain dari Cannelloni, tetapi dengan bentuk yang lebih pendek serta memiliki gurat-gurat vertikal di sisi luarnya.

Penne

Penne merupakan pasta yang mirip juga dengan Cannelloni, akan tetapi ujungnya berbentuk serong dan berdiameter lebih kecil

Ditali

Pasta ini berbentuk seperti pipa-pipa pendek, yah.. kalau diperhatikan.. sedikit banyak mirip Canneloni, tetapi bentuknya lebih gemuk.

Lasagna

Lasagna adalah pasta yang berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27centimeter dan lebar 5 centimeter. Lasagna dapat dijumpai dalam tiga warna, yaitu kuning untuk hidangan panggang, merah untuk hidangan dengan saus tomat dan hijau yang cocok dipadukan dengan aneka sayuran.

Vermicelli

Pasta ini mirip dengan Spageti, hanya saja Vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Pasta ini sering diolah bersama hidangan laut, laut, dan bisa juga dijadikan isi sup.

Rotini

Rotini adalah pasta yang berbentuk mirip spiral dan beralur. Pasta ini sering diolah dengan daging, saus keju, juga sayuran.

Fusilli

Semacam Rotini, tapi Fusilli lebih tipis dan juga lebih panjang. Pasta ini dapat diolah dengan saus krim dengan tomat dan kacang polong.

 

Macaroni

Macaroni tuh pasta yang berbentuk pipa melengkung dengan lubang di tengah. Macaroni sangat pas untuk hidangan yang dipanggang, seperti Macaroni Schotel dan dapat juga digunakan sebagai isi untuk aneka sup.

Fettuccine

Pasta pipih lebar yang mirip dengan Kwetiau. Pasta ini dapat dijumpai dalam tiga warna, yakni hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Fettuccine cocok dijadikan sajian utama dengan daging, keju, sayuran, atau seafood.

Tortellini

Tortellini merupakan pasta yang diisi dengan daging dan keju. Kadang sering juga ditambah dengan tomat dan bayam. Pasta ini sangat cocok dinikmati dengan tomat dan saus krim.

Ravioli

Pasta yang satu ini adalah pasta yang berbentuk mirip bantal kecil dan biasanya diisi daging, keju, atau sayuran.

Kirim Komentar