08 Okt 2014 11:43

Warga Resah Orgil Berkeliaran

MyPassion

TONDANO – Keberadaan orang gila (Orgil) di seputaran Tondano semakin memprihatinkan. Pasalnya, akibat tingkahnya yang tidak waras, Orgil tersebut sangat meresahkan para warga.

Salah satu tokoh masyarakat Tondano Herry Pantouw mengatakan, keberadaan Orgil di seputaran pertokoan Tondano semakin meresahkan warga sekitar. Menurutnya, sebagai salah satu warga di lokasi pertokoan Tondano sangat resah akan keberadaan sejumlah orang yang mengalami gangguan jiwa yang sering keluar masuk toko.

“Mereka keluar masuk toko tentu saja meresahkan kami sebagai pemilik dan para pengunjung. Takutnya, para Orgil ini akan melakukan berbagai hal di luar dugaan kami seperti memukul orang atau merusak barang dalam toko,” ujar Pantouw.

Dirinya berharap, ke depan perlu ada tindakan serius dari dinas terkait yang menangani masalah orang tak waras.

Kekhawatirannya, apa yang dilakukan oleh sejumlah Orgil ini menjadi kebiasaan dan bisa mencelakai orang lain.

"Kita minta kepada masyarakat yang merasa masih merupakan anggota keluarganya untuk segera merawat secara baik di rumah. Jika tidak ada yang mengaku maka dinas terkait harus segera turun tangan,” jelas Pantouw sembari menambahkan, Pemkab melalui dinas terkait kiranya dapat menangkap penderita gangguan jiwa ini dan mengobatinya.

Ditambahkannya, para penderita kalau sudah sehat atau normal kan bisa dipekerjakan untuk pembersih atau apa saja yang bisa diberdayakan.

Sayangnya, Kepala Dinas Sosial Jan Luntungan saat dikonfirmasi belum bisa dihubungi hingga berita ini diturunkan.(ria/har/nes)

Kirim Komentar