07 Okt 2014 10:31

Hati-hati Penipuan Olshop Sist!

MyPassion

SEKARANG ini Xtion pasti tau kalau toko online udah menjamur dimana-mana. Saking berkembangnya, orang-orang udah males buka real store. Alasannya, karena selain udah mainstream banget, dengan memilih online shop bisa menghemat modal juga. Tinggal bikin akun di socmed, terus udah deh, gak perlu ngeluarin biaya buat buka lapak segala. Di antara Xtion, mungkin ada yang punya pengalaman teman sekelasnya hobi banget jualan­-jualan di kelas. Emang sih, kehadiran toko online ini punya segudang keuntungan, mulai dari simpel karena gak perlu ke toko tertentu, Xtion juga bisa hemat waktu lho! Mungkin ada barang yang pengen banget dibeli, tapi yaa itu jaraknya jauh mblo! Gak mungkin tokonya di luar daerah terus mesti kesana kan?

 

Tapi, setiap hal pasti ada positif dan negatifnya. Begitupula dengan toko online ini. Salah satu hal buruk yang sering terjadi sama konsumen online shop yakni ditipu. Nah loh? Cukup deh ditipu sama mantan, jangan sampai  olshop juga. Toko olshop jelas berada di dunia maya, dan hal inilah yang harus diwaspadai. Udah rela transfer uang dengan jumlah yang banyak, tapi barangnya gak nyampe juga. Wah, itu namanya udah ditipu Sist. Melihat situasi ini makin tak terkendalikan sama seperti gejolak cinta ke gebetan, beberapa teman kita berikut angkat suara. Seperti apa?

Pertama ada Hamdi Ramadhan dari SMA Negeri 2 Manado. Menurut cowok yang suka main bulutangkis ini, online shop itu hanyalah bisnis tipu-tipu.

“Males banget dan gak pernah niat buat beli online shop. Banyak temanku yang ketipu sama mereka. Sebenarnya mereka itu malas dan mau usaha, tapi gak punya modal aja, kasiannn,” kesalnya sambil geleng-geleng kepala. Hamdi juga bercerita tentang temannya yang jualan online. “Iya, aku punya satu teman sih yang suka jualan online. Duh, dia tuh hobinya broadcast jualan. Siang malam broadcast mulu ampe males buka chat-nya dia,” seru penggemar berat Taufik Hidayat ini. Ya ampun Bro, keliatannya alergi banget yaa sama olshop?

Hmm, okelah. Lanjut, kita punya teman bernama Cindy Lestari. Cewek yang akrab disapa Cindy mau curcol, katanya dia pernah ketipu sama online shop. “Duh males deh kalau bahas online shop. Pernah sekali mau beli barang, udah seminggu tapi malah gak nyampe-nyampe. Pas kontak orangnya udah gak aktif, untung harganya cuma murah,” sebalnya. Free puk puk buat Cindy! Semenjak kejadian itu, siswi SMA Negeri 7 Manado ini mengaku tobat beli barang online. “Sekarang udah malas, takut juga sih, bahaya tuh yang kayak gitu,” ujarnya.

Terakhir ada Anisa Fujiyanti Loleh dari SMA Binsus Manado. Berbeda dengan Hamdi dan Cindy yang malas dan juga punya pengalaman buruk, Anisa justru fine aja sama online shop. “Alhamdulillah sampai sekarang udah beberapa kali beli online tapi gak pernah tuh ada pengalaman buruk, apalagi ketipu. Malah barang online kayak jilbab, lebih bagus ketimbang beli barang disini,” seru cewek berhijab ini. Lebih khusus Anisa ngasih saran sama Xtion yang mau beli online. “Saran aja, kalau mau beli online, usahakan bibit bebet sama bobotnya ada. Terutama testimoninya mesti ada. Termasuk real dan tidaknya gambar posting-annya,” pesan Anisa. Wah, thank you yaa Sist buat sarannya. Kapan-kapan beli lagi yaa *eh? (mcr/tkg)

 

 

Awas Jadi Korban! 

SITU punya hobi habisin uang buat beli barang di online shop? Wah, mulai sekarang hati-hati deh, soalnya banyak online shop mulai pasang jurus mama minta pulsa, alias tipu-tipu. Biar gak dibohongin, ayuk simak tips berikut ini. (set/tkg)

 

Cek Followers

Buat Xtion shopaholic yang selalu beli barang lewat online shop berbasis sosmed, coba dicek followers akunnya. Karena kalau banyak pengikutnya, banyak juga pembelinya. Tapi yang followers-nya udah ribuan, gak menutup kemungkinan juga itu hanyalah fake account. Makanya, kamu cek followers-nya apa emang real atau nggak. Yaa itung-itung cari gebetanlah.

 

The Comment

Periksa comment yang ada di setiap post. Jika banyak komentar positif yang datang dari berbagai customer, itu berarti olshop tersebut bisa dipercaya karena banyak yang mau beli. Hmm, mana ada juga ya olshop yang mau ngebiarin komen positif bertengger di posting-annya? Palingan langsung dihapus, kalau perlu langsung di-block akunnya! *kebangetan*.

 

Testimonal 

Ini nih yang paling penting dan gak boleh dilupain. Pastikan setiap olshop yang mau Xtion order udah punya testimony. Semakin banyak testimony-nya, semakin terpercaya olshop-nya. Kan udah banyak bukti mengenai customer lain, jadi tunggu apa lagi. Borong deh semuanya Bro!

 

Beli Disini Aja

KALAU Xtion masih terbilang pemula buat milih-milih online shop yang terpercaya, mending klik di took-toko berikut. Karena selain terpercaya, barang-barangnya juga oke cucok cyin. Let’s shop fella. (nes/tkg)

OLX.co.id
Toko online ini dulunya bernama tokobagus.com. Siapa, sih, yang gak tahu online shop yang satu ini? Kalian bisa belanja berbagai macam kebutuhan di sini. Mulai dari barang-barang elektronik, semua hal yang berhubungan dengan fashion hingga semua kebutuhan rumah tangga. Oh ya, salah satu kelebihan online shop yang satu ini adalah kalian bisa menjual barang-barang kalian yang udah gak kepakai.

Elevenia.com
Kalau yang satu ini terkenal dengan berbagai potongan harga alias diskonnya yang super banyak. Gak hanya diskon aja, Elevenia juga ngasih kalian kelebihan yang bikin mulut Xtion pada mangap kayak Nomnom Gomez. Kalian bisa dapat pulsa gratis, diskon taksi, dan tentunya barang gratis buat kalian para shopaholic. Tapi jangan salah, yah, kualitasnya juga tetap terjangkau. Barang-barangnya jelas oke punya dan bermerek, loh. Tapi ditawarkan dengan harga yang gak menguras kantong.

Zalora.com
Tempat belanja yang satu ini kayak department store tapi di dunia maya. Tokonya yang terpercaya dan cepat pengiriminnya bikin pelanggannya gak bosen-bosen buat belanja. Barang yang dijual disini juga emang branded dan kualitasnya top banget. Harganya terjangkau buat kita-kita para pelajar. Pokoknya sisa uang jajan seminggu bisa cukup kok buat beli flare skirt cantik dari online shop yang satu ini. Asek!

Kirim Komentar