17 Sep 2014 02:44

ACCAPELLA

MyPassion

SESUAI gaya kapel adalah arti sebenarnya dari A CCAPELLA.Sebuah gaya cappella berkisar dari musik gospel kontemporer. Komposisi akapela yaitu Rhythm, Lead Vocal, Bassist, dan Beatbox. Untuk Bas dan Beatbox gak wajib ada, bisa salah satunya aja lho, Xtion. Sekarang, mimin kasih tahu sedikit sejarah dari musik fantastis yang satu ini. Rhythm yang bertindak sebagai backing vocal harus membagi suaranya menjadi Tenor dan Bariton agar supaya nih, terdengar harmonis gitu, hehe. Harmonisasi disini dibentuk oleh nada Do-Mi-Sol membentuk suatu Chord pada alat musik kayak gitar. Selain rajin latihan, jam terbang juga dapat membantu membangun harmonisasi dan chemistry antar anggota grup.

Saat ini, mimin juga mau cerita syiki sama Xtion tentang grup akapela yang terkenal namanya dengan grup  ‘’Pentatonix’’. Sebuah grup vokal yang terdiri dari lima orang. Akapela mereka, sangat modern dan setiap personil punya karakter suara yang berbeda-beda dan saling melengkapi. Scott berkarakter suara cowok banget dan sexy, yang kedua ada Mitch cowok tapi lebih tinggi dan tipis suaranya, yang ketiga ada Kristie suara cewek yang powerfull. Lalu, mereka mencari artis-artis Youtube dengan suara unik untuk melengkapi koleksi suara di ptx. Akhirnya mereka menemukan si Avi personil keempat yang memiliki suara super ngebass dan berat banget dan yang terakhir si Kevin yang ahli beatbox dan mengeluarkan suara-suara instrumen beat yang kerennya pake bingits dari mulutnya. Akhirnya lengkaplah formasi mereka berlima. Ptx melakukan tour keliling dunia layaknya band-band papan atas getohh. Video-video Youtube-nya masih tetap punya jumlah viewer yang luar biasa banyaknya.

Dengan menyelipkan sedikit auto tune ke dalam suara mereka berlima, hasilnya bisa mereka ulang musik daftpunk yang sangat elektronik menjadi indah hanya dengan suara manusia. Nah Xtion, udah tahu kan, apa itu  A capella. Tapi bagi mimin, sehebat-hebatnya alat musik jenis apapun, itu masih buatan manusia, namun seburuk-buruknya suara yang dihasilkan manusia, itu adalah hasil ciptaan Tuhan, ya kan Xtion. (nes/mit/fha)

Kirim Komentar