11 Sep 2014 10:17
Tak Kunjung Selesai, Jembatan Kendis Hambat Warga

JWS Alihkan 2,8 M MaMi

MyPassion
SEGERA DILANJUTKAN: Jembatan penghubung antara Desa Koka dan Kembes yang mendapat alokasi anggaran

TONDANO—Kebutuhan warga terhadap jalur transportasi yang memadai dan memudahkan terus disampaikan berbagai pihak. Salah satunya adalah jembatan Kendis yang menjadi akses darat warga di Kecamatan Tombulu. Terpantau hingga kini, aktivitas warga masih terhambat akibat pengerjaan konstruksi jembatan yang masih terhenti sejak bencana banjir dan longsor, 15 Januari silam.

Beberapa warga di kecamatan tersebut mengaku, kondisi jembatan Kendis sampai sekarang masih memprihatinkan. "Padahal jika ingin mengurus berkas ke Tondano harus melewati jalan tersebut, tetapi setelah jalan putus tidak bisa lagi dilalui," ungkap Ronny, seorang warga. Ditambahkan Vecky, warga lainnya, keadaan jalan yang sudah rusak parah sangat berisiko bagi kendaraan, dan rawan kecelakaan.

Salah satu hukum tua di Tombulu mengaku, dirinya masih teringat bencana banjir dan tanah longsor yang memporak-porandakan Minahasa dan Manado, termasuk Kecamatan Tombulu. Beberapa waktu lalu jembatan sempat diperbaiki tapi tiba-tiba dihentikan pengerjaannya.

Bupati Drs Jantje Wowiling Sajow MSi ditanyakan terkait hal tersebut mengatakan, akan segera melanjutkan perbaikan jembatan Kendis. Singkat dipaparkannya, saat bencana 15 Januari lalu, jembatan yang menghubungkan Koka-Kembes yaitu jembatan Kendis putus total karena diterjang banjir, batu dan lumpur.

"Ketika itu saya segera memerintahkan kontraktor yang sementara melakukan pekerjaan untuk segera memperbaiki akses transportasi masyarakat itu,” ungkapnya.

Dikatakan Sajow, perbaikan jembatan dilakukan dengan catatan jika dana bencana dari pusat sudah turun, kontraktor penyedia akan segera ditunjuknya.

“Ternyata, selang beberapa bulan sampai sekarang, dana itu tak pernah turun, sehingga saya menghentikan sementara pembangunan jembatan itu beberapa bulan lalu,” sebutnya, sembari menambahkan, pihak kontraktor juga memberi pernyataan tertulis tidak akan minta ganti rugi.

Tapi, JWS tidak tinggal diam. Bupati visioner ini memutuskan menggeser ‘Dana Makan Minum (MaMi) Rapat Bupati’ sebesar Rp2,8 miliar ke pembangunan jembatan Kendis yang terletak antara Desa Koka dan Kembes. Ditambahkannya, proses tender sudah selesai, dan ditargetkan jembatan dapat terselesaikan Desember 2014 nanti.(cw-01/har)

 

 

Kirim Komentar