02 Sep 2014 10:22

Puskesmas Rumengkor Terbengkalai

MyPassion
TAK TERAWAT: Puskesmas Pembantu di Desa Rumengkor Kecamatan Tombulu tidak digunakan lagi. Foto: Toar Saraun

TOMBULU—Sudah sejak 2011, keadaan bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Rumengkor Kecamatan Tombulu lingkungan I, rusak dan dibiarkan terbengkalai. Hingga kini, kondisi jendela yang berlubang dan kotor dibiarkan begitu saja, walaupun atap masih terlihat bagus.

Dari pantauan Manado Post, Selasa (26/8) kemarin, bagian depan bangunan tampak kotor di sejumlah bagian seperti jendela dan lantai. Kondisi serupa juga terlihat di bagian dalam saat dilihat dari kaca di pintu depan. Selain kotor, sejumlah barang inventaris juga dibiarkan tak terawat. Kesan terlantar makin terasa dengan tumbuhnya rumput-rumput liar di sekitar bangunan Puskesmas. Akibat kondisi tersebut, masyarakat Desa Rumengkor tidak dapat lagi pelayanan dan beralih ke bidan-bidan terdekat.

Menurut Benyamin Mawikere yang rumahnya berada di samping bangunan Puskesmas, kondisi ini sudah berlangsung selama tiga tahun.

“Sudah sekitar 3 tahun yang lalu diperbaiki, dan pada saat itu masih ada bidan yang melayani warga yang sakit. Tapi sekarang bidan yang melayani itu sudah pensiun sekitar 2 tahun yang lalu,“ tutur Benyamin.

Hukum Tua Desa Rumengkor Satu Alber Nayoan berharap, pemerintah harus memberikan petugas kesehatan agar memudahkan masyarakat untuk berobat.

“Saat ini untuk mendapatkan pelayanan, warga Desa Rumengkor harus pergi ke Desa Kembes, bahkan harus ke Kota Manado. Memang sebagai Hukum Tua (Kumtua) saya sudah mengusulkan untuk ada penjaga yang tinggal di Puskesmas tersebut untuk merawat dan menjaga bangunan Puskesmas,” papar Alber.(ctr-34/gyp/nes)

Kirim Komentar