24 Agu 2014 03:29
HUT ke-145 Desa Maumbi Kecamatan Eris

Wabup Pesan Jaga Kerukunan

MyPassion
SYUKUR: Wabup Ivan Sarundajang bersama Ketua Panitia Dr Bode Lumanauw MM, Hukum Tua Desa Maumbi Yunike Lewu bersama tokoh agama, bersyukur usai memasang lilin di kue ulang tahun.

ERIS—Puncak peringatan HUT ke-145 Desa (Wanua) Maumbi Kecamatan Eris Minahasa, berlangsung khidmat dan semarak melalui ibadah syukur yang dipimpin Pdt Melsy Wokas STh dengan bacaaan Alkitab Ulangan 8:11-20, di Desa Maumbi Sabtu (23/8) akhir pekan lalu. Nuansa kekeluargaan erat tercipta sejak awal dari puncak acara menyusul ucapan selamat datang dari Ketua Panitia Dr Bode Lumanauw MM, menyapa warga luar Desa Maumbi yang merupakan keturunan orang Maumbi dari Danowudu, Tompaso Baru dan Dumoga, termasuk orang Maumbi yang sudah tinggal Ranowangko II, Tondano, Airmadidi dan Manado, tamu dan undangan termasuk Wabup Ivan Sarundajang. Terbentuknya Desa Maumbi ini, menurut mantan Kumtua ke-11 Desa Maumbi Vicky J Sepang, saat membacakan sejarah desa, tidak lepas dari Desa Tandengan yang dahulunya adalah lahan perkebunan dari beberapa keluarga di Desa Tandengan, yang kemudian dusun ini ditetapkan sebagai desa atau kampung pada 18 Agustus 1869, dengan Kumtua pertama adalah Lamert Mokoagouw.

“Maumbi sendiri adalah nama pohon yang rimbun yang digunakan sebagai tempat bernaung,” katanya.

Sementara itu, atas nama Pemkab, Ivan Sarundajang dalam sambutannya mengapresiasi kebersamaan yang tercipta, secara bersama menjadi satu kelompok masyarakat yang disebut desa atau wanua.

“Di usia ke-145 patut kita syukuri. Untuk itu, atas nama Pemkab Minahasa, kami memberikan apresiasi kepada kepada Hukum Tua Yunike Lewu dan kepada Panitia Pelaksana yang telah membuat perayaan HUT Desa Maumbi kali ini begitu meriah,” ujarnya. Wabup pilihan rakyat Minahasa ini berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Maumbi, untuk menjaga kerukunan kebersamaan yang ada, dan mengucap syukurlah dalam segala hal seperti tertulis pada 1 Tesalonika 5:18. Di akhir ibadah syukur, Wakil Ketua Panitia Pdt Dr Berty Kambey STh menyampaikan peristiwa ini merupakan moment yang mempersatukan warga masyarakat Maumbi untuk menatap ke depan, sehingga Wanua Maumbi ini menjadi lebih baik dari hari ini.

“Ada ungkapan yang mengatakan, sebaik-baiknya manusia, manusia yang lebih baik adalah manusia yang berguna bagi orang lain,” kuncinya seraya mengatakan bersyukur kepada Tuhan, dan berterima kasih kepada Pemkab Minahasa dan seluruh pihak yang telah hadir dalam perayaan HUT Desa Maumbi. Di akhir acara, diserahkan hadiah dari berbagai lomba gagasan Pemuda Remaja Oikoumene Desa Maumbi dan Panitia Pelaksana.(cw-03/gyp/nes)

Kirim Komentar