30 Jul 2014 08:59
JWS: Tim Aset Sementara Mendalami

Eks Presiden Plasa Tondano Disoal

MyPassion
DIPERTANYAKAN: Bangunan yang mulai disoal kepemilikannya.

TONDANO - Bangunan eks Presiden Plasa Tondano yang berada di pusat pertokoan Tondano dipertanyakan kepemilikannya. Apalagi sekira tahun 1980-an, tanah lokasi berdirinya bangunan tersebut merupakan terminal angkutan umum.

"Setahu kami bangunan itu (eks Presiden Plasa) sebelumnya adalah terminal, sebelum kemudian dibangun pusat hiburan.

Nah, saat ini kami pertanyakan apakah bangunan itu milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa atau swasta," ujar anggota DPRD Minahasa dari Fraksi Partai Gerindra Ir Man Tojo Rambitan beberapa waktu lalu.

Menurut Rambitan, hal ini sudah beberapa kali dipertanyakan ke Pemkab.

"Namun sayang hal tersebut tidak mendapatkan jawaban memuaskan dari pihak Pemkab, karena dokumen kepemilikan tidak jelas," tukasnya.

Lebih lanjut, Rambitan mengatakan bahwa pihak Pemkab harus mencari dokumen yang sah terkait siapa kepemilikan bangunan tersebut, karena lahan berdirinya disinyalir kuat milik pemerintah.

"Pihak DPRD Minahasa akan mendalami hal ini dan meminta eksekutif untuk membantu. Karena bila aset tersebut milik pemerintah maka bisa diolah untuk menghasilkan PAD. Kalaupun memang sudah dialihkan menjadi milik swasta berarti juga harus ada pemasukkan ke kas daerah," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, terkait status kepemilikan Presiden Plasa menjelaskan bahwa sekarang tim aset sementara menelusuri.

"Ada tim yang sementara mengecek semua aset, termasuk Plasa. Ada perjanjian dari pemilik awal yang sementara dipelajari," jelas JWS.

"Jika memang sudah dialihkan dan peralihannya sesuai aturan dan tidak bermasalah hukum maka kita hormati," tandasnya.(tr-03/gyp)

Kirim Komentar