22 Jul 2014 01:44

Barack Obama: Pak Jokowi, Selamat Yaa

MyPassion
Barrack Obama

JAKARTA - Setelah dinyatakan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden 2014 oleh KPU, Jokowi kebanjiran ucapan selamat dari pemimpin negara-negara di dunia. Mereka menyambut hangat kemenangan Jokowi sebagai presiden baru Indonesia periode 2014-2019.
 
Jokowi menyatakan sudah menerima telepon dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Jokowi mengatakan, awalnya Obama berbincang dengan menggunakan bahasa Indonesia.

"Dia bilang, "Pak Jokowi, apa kabar. Selamat, ya"," katanya di Balai Kota, kemarin. Setelah itu, kata Jokowi, perbincangan berlangsung dalam bahasa Inggris.

Dia mengatakan, Obama mengharapkan kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat bisa terus ditingkatkan dan menjadi lebih erat.
 
Dia menuturkan, dirinya dan Obama juga membahas kemungkinan bertemu dalam Konferensi Tingkat Tinggi APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation). Acara tersebut diselenggarakan November 2014, sebulan setelah Jokowi-JK dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober.

"Nanti bertemu di China ya, saat KTT APEC di bulan November," kata Jokowi menirukan Obama. Jokowi mengatakan berbincang dengan Obama sekitar dua menit.
 
Tidak hanya Barack Obama, Perdana Menteri Australia Tony Abbot juga menelepon Jokowi. Abbot menelepon sebelum Obama. Jokowi menuturkan, pembicaraan tersebut berisi ucapan selamat tanpa membahas isu-isu strategis kedua negara.
 
Mengutip situs resmi PM Australia pm.gov.au kemarin, selain menyampaikan selamat, PM Australia memuji jalannya pemilu di Indonesia yang bisa berakhir dengan sukses. "Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan patut diucapkan selamat atas transisi luar biasa di bidang demokrasi serta penyelenggaraan pemilu," ujar Abbott dalam pernyataan tertulis itu.
 
Tidak hanya dari Negeri Kangguru, ucapan selamat juga disampaikan oleh negara terdekat, Singapura dan Malaysia. Dikutip dari akun Twitter resmi PM Lee Hsien Loong (LHL) @leehsienloong pada Selasa malam (22/7), Lee menuliskan selamat kepada Jokowi di timeline-nya.

Dia pun mengatakan tidak sabar untuk dapat bekerja sama dengan pasangan Jusuf Kalla itu. "Selamat kepada Joko Widodo. Kami menanti untuk bekerja sama dengan dia untuk memperkuat hubungan Indonesia dan Singapura," kicaunya.
 
Hal yang sama dilakukan PM Malaysia Mohammad Najib Abdul Razak. Dia mengucapkan selamat kepada suami Iriana itu melalui akun Twitter-nya, @NajibRazak. Dalam kicauannya itu, PM Najib menyampaikan keinginannya untuk dapat segera bertemu dengan Jokowi guna membicarakan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia ke depan.

"Atas nama pribadi, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi. Menunggu kesempatan untuk bekerja sama di masa depan," tulisnya.  
 
Dari Eropa, ucapan selamat disampaikan pihak pemerintah Inggris. Melalui rilis resmi Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris kemarin (23/07), Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Philip Hammond menyampaikan ucapannya.

"Saya ucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2014, menyusul pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum kemarin," ujar Hammond. (jpnn)

Kirim Komentar