13 Jul 2014 07:35

India Bangun Jembatan Rel Lebih Tinggi dari Menara Eifel

MyPassion
MASIF: Pemandangan situs pembangunan jembatan rel kereta api yang melintasi Sungai Chenab di Kauri, negara bagian Jammu dan Kashmir. Foto: AFP

KAURI – Jika negara-negara berkembang sibuk membangun gedung pencakar langit, tidak demikian dengan India. Negeri Taj Mahal itu sedang mewujudkan ambisi untuk memiliki jembatan rel kereta api tertinggi di dunia. Yakni, jembatan yang menghubungkan Stasiun Bakkal dan Stasiun Kauri.

’’Ini keajaiban reka teknik. Kami berharap jembatan ini siap beroperasi pada Desember 2016,’’ ungkap seorang pejabat senior perkeretaapian India sebagaimana dilansir Agence France-Presse Jumat (11/7). Nantinya, jembatan yang menggantung di atas Sungai Chenab itu membentang sepanjang 1.315 meter. Dengan ketinggian sekitar 359 meter, jembatan itu lebih tinggi 35 meter dari Menara Eiffel.

Proyek JUSBRL alias Jammu–Udhampur–Katra–Qazigund–Baramulla Line tersebut diluncurkan pada 2003. Jembatan berbentuk busur itu terbuat dari baja. ’’Jembatan ini sengaja kami rancang tahan guncangan dan tahan angin,’’ imbuh pejabat yang merahasiakan namanya tersebut. Konkan Railway Corporation memperkirakan, pembangunan jembatan itu menelan dana USD 92 juta atau sekitar Rp 1,06 triliun.

Setelah pembangunannya usai, jembatan tersebut akan menghemat waktu tempuh dari negara bagian Baramulla ke negara bagian Jammu di Pegunungan Himalaya menjadi 6,5 jam saja. Saat ini waktu tempuh antara dua negara bagian itu berkisar 13 jam lantaran harus memutar. Karena medannya terjal, tim pembangun pun harus mengerahkan helikopter untuk mengangkut material.

’’Salah satu tantangan paling sulit adalah membangun jembatan tanpa mengganggu arus sungai. Kami terpaksa membangun jalan demi mencapai dua titik yang menjadi lokasi tiang pancang utama,’’ ungkap jubir Konkan Railway Corporation. Dia berharap pembangunan lancar dan selesai tepat waktu. Nantinya, jembatan tersebut mengungguli Jembatan Beipanjiang di Tiongkok yang memiliki tinggi sekitar 275 meter.(jpnn)

Kirim Komentar