01 Jul 2014 02:59
Pemain Ajax Junior, Keturunan Manado

Walian Pulang Kampung

MyPassion
MASA DEPAN: Ezra Walian

SATU lagi keturunan Indonesia bahkan Manado yang  punya talenta sepak bola. Dialah Ezra Walian, pemuda kelahiran Amsterdam, 22 Oktober 1997, blasteran Manado – Belanda.

Saat ini Ezra Walian memang masih bermain untuk Ajax Amsterdam Jugend atau tim junior Ajax B yang dibesut Gery Vink. Namun jelas ada peluang besar bagi pemain bernomor punggung 9 ini untuk menembus skuat utama Ajax yang berlaga di Eredivisie. Di Ajax Jugend, Ezra yang usianya termuda di tim tersebut juga satu tim dengan Joe van der Sar, putra dari kiper legendaris Belanda dan Manchester United Edwin van der Sar.

Ezra Walian yang menempati posisi sebagai penyerang sudah memperkuat Ajax Junior sejak musim lalu. Pemain yang mengawali karier sepak bolanya bersama AZ Alkmaar ini juga sudah terpilih memperkuat timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17.

Sewaktu memperkuat Ajax U-15, Ezra merupakan striker subur dengan tabungan 28 gol yang membuatnya menjadi top skorer. Prestasi serupa juga diraihnya sewaktu membela Ajax U-15 di turnamen Aegon Future Cup 2013 yang diadakan di Singapura. Di ajang ini Ezra mencetak tujuh gol dalam empat pertandingan.

Sementara di timnas Belanda U-17, sejauh ini Ezra sudah menoreh lima gol hanya dalam dua pertandingan. Jika tidak mengalami cedera, Ezra dipastikan bakal memperkuat Belanda di ajang Piala Eropa U-17 yang berlangsung di Malta, 9 – 21 Mei 2014. Di turnamen tersebut Belanda tergabung di Grup 3 bersama dengan Prancis, Swedia dan Austria.

Hal menarik yang muncul dari Ezra, meski lahir dan besar di Belanda, ia mengaku hatinya tetap melekat rasa Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga dirinya nanti bisa membela timnas Merah Putih selama kiprahnya belum sampai ke level timnas Belanda senior.

Dan demi membayar rasa rindunya, Kamis (3/7) atau lusa, Ezra akan pulang kampung (Pulkam). Tapi, kepulangannya kali ini akan digunakan untuk hal-hal penting. Bekerja sama dengan Brigade Manguni Indonesia (BMI) Manado, Ezra akan melakukan berbagai kegiatan dalam acara bertajuk ‘Tour Amal Ezra Walian Manado 2014’.

Kegiatan amal, coaching clinic, bersih pantai, dan nonton bareng (noreng) akan dilakukan Ezra di Manado hingga Senin (7/7) mendatang. “Selama lima hari Ezra akan berbagi ilmu dengan sejumlah pemain muda di Sulut, dan beberapa aksi amal lainnya. Kegiatan ini selain memasyarakatkan olah raga juga mendukung program pemerintah,” ungkap Refindo Tawaris ketua panitia  tour amal Ezra Walian.(ctr-27/isw)

Kirim Komentar