12 Sep 2019 11:07
Tagulandang Berstatus Awas

15 Kecamatan di Sulut Waspada Kekeringan

MANADOPOSTONLINE.COM—Kecamatan Tagulandang di Kabupaten Kepulauan Sitaro memasuki status awas. Terhadap potensi kekeringan. Selain Tagulandang, ada 15 kecamatan di Sulut yang berada di status siaga.

 

15 kecamatan tersebut berdasarkan data BMKG Stasiun Klimatologi BMKG Minut berada di kabupaten/kota yakni Bitung, Bolmong, Boltim, Manado, Minut, Mitra, Sitaro dan Talaud.

"Jadi yang sudah masuk status awas itu adalah Kecamatan Tagulandang. Dan berpotensi menyusul ke status awas, ada Kecamatan Likupang Barat dan Kecamatan di Bolmong.

Status tertinggi itu awas, siaga, kemudian waspada. Kalau awas, curah hujannya (CH) sudah terpantau sangat kurang. Bahkan sudah dua bulan," ungkap Prakirawan Stasiun Klimatologi BMKG Minut, Muhammad Candra Buana saat dikonfirmasi, Rabu (11/9), kemarin

Chandra mengatakan, monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) menunjukkan secara umum di wilayah Sulut mengalami hari tanpa hujan. Dengan kriteria panjang (21-30 hari). Ada beberapa wilayah kriteria sangat panjang (31–60 hari).

Bahkan satu wilayah mengalami kekeringan ekstrem (>60 hari) yaitu di Tagulandang. "Memang ini harus diwaspadai. Karena September ini adalah puncak dari kemarau. Semua berpotensi terjadi.

Ya, kita sarankan untuk waspada atas berkurangnya ketersediaan air bersih dan waspada kebakaran hutan. Jika memang  ketersediaan air sudah habis mungkin bisa menghubungi instansi terkait seperti BPBD untuk meminta pasokan air bersih," katanya.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw meminta pemerintah di kabupaten/kota merasakan langsung dampak kekeringan. Untuk terus melakukan pemantauan. Kondisi air bersih bagi masyarakat menurutnya, harus terus tersedia. Sehingga, masyarakat akan tetap aman dengan dampak kemarau saat ini.

"Sudah menjadi tugas pemerintah setempat untuk mengamankan semua pasokan air bersih jika terjadi kekeringan. Apalagi yang dipaparkan BMKG. Kepala daerah harus menjadikan ini prioritas. Karena bukan hanya tanaman yang rusak jika tidak ada air. Bahkan berbagai macam gangguan dan kerugian akan kekurangan air, bisa terjadi," sebutnya.(ewa/gel)

12








Komentar