12 Sep 2019 07:56

Ini Rencana Pemakaman Bapak Teknologi Indonesia

Bacharuddin Jusuf Habibie

MANADOPOSTONLINE.COM- Almarhum Presiden RI Ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9). Sesuai rencana, jenazah dimakamkan setelah pelaksanaan ibadah Zuhur.

Sekretaris Pribadi Almarhum Habibie, Rubianto menyebutkan proses pemakaman diawali dengan upacara serah terima dari pihak keluarga ke pemerintah.

Prosesi serah terima jenazah sedianya dilakukan di rumah duka mendiang Habibie, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Rencananya pemakaman jenazah pada jam 12.30 WIB akan dilaksanakan upacara serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah," terang Rubianto kepada awak media, Kamis (12/9).

Rubianto berharap prosesi serah terima berlangsung singkat. Setelah itu jenazah bisa diberangkatkan dari daerah Kuningan, Jakarta Selatan, menuju TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Setibanya di TMP Kalibata akan digelar upacara kenegaraan untuk memakamkan Bapak Teknologi Indonesia.

"Diharapkan 30 menit selesai dan jam 13.00 WIB tepat, start dari kediaman di Kuningan, menuju ke TMP kalibata," ucap dia.

Rubianto menjelaskan, prosesi serah terima jenazah akan dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman.

Sementara itu, prosesi pemakaman Habibie dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

"Akan mewakili pemerintah adalah Ketua MK (prosesi serah terima jenazah) selaku pemimpin upacara di rumah kediaman. Kemudian inspektur upacara di TMP Kalibata adalah Pak Presiden. Saya kira begitu," timpal dia.(jpnn)









Komentar