11 Sep 2019 11:24

Puskesmas Kolongan Dominasi Penderita DBD

MANADOPOSTONLINE.COM—Warga Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menurun. Data dari Dinas Kesehatan Minut, sampai Juli 251 warga positif penyakit ini.

Kepala Dinas Kesehatan dr Harly Sompotan mengatakan, untuk menanggulangi penyebaran virus DBD, Pemkab terus mengimbau masyarakat melalui sosialisasi untuk mencegah meningkatnya DBD dan penyakit menular lainnya di Minut.

“DBD dapat juga mengikuti musim yang ada. Mengingat ini musim panas jadi pederita menurun. Yang dikhawatirkan jika datangnya perpindahan musim. Jadi harus tetap waspada,” tegasnya.

Lanjutnya, pihaknya juga mengimbau masyarakat di Minut melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh. Terlebih anak-anak. “Diharapkan masyarakat Minut rajin memeriksakan dirinya di tempat pelayanan kesehatan terdekat agar dapat dapat mendeteksi sedini mungkin jika ada penyakit di dalam tubuh kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Handri Ratuwongo SM menambahkan, untuk mencegah penyakit DBD masyarakat harus mampu menjaga lingkungan sekitarnya.

“Berantas jentik-jentik nyamuk pada air yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Seperti bak mandi yang harus dikuras rutin satu minggu dua kali hingga tampungan air pada pembuangan dispenser,” tegasnya.(cw-04/gel)









Komentar