10 Sep 2019 13:44

Kebutuhan Air Bersih Masih Terpenuhi

Kondisi Jaringan air bersih yang tak berfungsi sejak tahun 2015, di Desa Tutuyan II. Foto diambil, Senin (9/9) kemarin. (Billy/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM – Untuk mengantisipasi bencana kekeringan, pihaknya telah memaksimalkan pelayanan air bersih yang ada di setiap desa. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Boltim Sahrul Abdul Muis ST.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada laporan tentang krisis air bersih yang melanda setiap desa. “Ketersediaan air bersih masih tetap dipenuhi dan diprioritaskan. Bahkan tahun ini kita lakukan pemasangan jaringan air bersih ke setiap rumah penduduk,” ujar Muis.

Dia mengungkapkan, bencana kekeringan yang melanda Boltim belum sepenuhnya dirasakan oleh warga masyarakat. Sumber air di setiap sungai masih sangat stabil dan bisa dinikmati oleh warga.

“Walaupun sudah musim kemarau tapi semua sumber air di sungai masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat. Ketersediaan air bersih di bak penampungan SPAM mampu untuk melayani permintaan air bersih,” kata Muis.

Muis pun mengemukakan, pihaknya tengah melakukan perbaikan jaringan air bersih di beberapa desa, termasuk Desa Buyat, Bukaka, Tutuyan, Atoga, Dodap, Buyandi dan desa – desa di Kecamatan Mooat serta Kecamatan Modayag.

“Program penyediaan air bersih sudah jalan di semua desa. Kita tinggal lakukan perbaikan pada sejumlah pipa jaringan air bersih yang mengalami kerusakan,” ujar Muis.

Dia menjelaskan, beberapa faktor kerusakan pipa jaringan terpusat di pipa induk, dimana sebelum air bersih masuk ke pemukiman warga, ditemui beberapa pipa air sengaja dipotong atau dilubangi warga diperkebunan untuk mendapatkan aliran air.

“Masalah  itu yang kita temukan di lapangan. Saat ini kita maksimalkan dulu perbaikan agar air dapat dinikmati oleh warga,” kata Muis.

Terpisah, warga Buyandi, Kecamatan Nuangan Sutjipto Mamonto mengakui, sejauh ini ketersediaan air bersih masih dapat dinikmati oleh warga masyarakat.

Namun demikian, masih ada beberapa pipa air bersih yang mengalami penyumbatan sehingga air tidak berjalan dengan lancar. “Masalah ini sudah kita laporkan ke dinas terkait dan mereka pun sudah turun mengidentifikasi permasalahan,” pungkasnya.(ctr-05/ite)









Komentar