09 Sep 2019 15:44

Kapal Bermuatan 81 Penumpang Kandas di Pasige

Proses evakuasi KM Lokong Banua yang kandas di perairan Tagulandang, diduga akibat kelalaian nakhoda kapal, Minggu (8/9) kemarin. ( Wisnu For MP)

MANADOPOSTONLINE.COM---Kapal feri KM Lokong Banua bermuatan 80 ton yang membawa rempah, mobil, motor dan 81 penumpang dari Kota Bitung menuju Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kandas di sekitar perairan Tagulandang, tepatnya di Pulau Pasige, Minggu (8/9) pada dini hari.

Danposal Tagulandang Sertu Saa Yales Wisnu Saputra mengatakan, KM Lokong Banua, kandas diatas karang tepat pada pukul 02.00 dini hari. "Namun kami baru mengetahui pada 04.00 saat nakhoda kapal menginformasikan kejadian tersebut ke Syahbandar terdekat, kemudian kita berkoordinasi, dan 06.00 kami langsung melaksanakan evakuasi menggunakan Kapal Ikan Mitra 04 dan KM Simba," jelasnya.

"Evakuasi ini, berlangsung hingga 08.00. Kita juga langsung memisahkan penumpang tujuan Tagulandang dan Siau. Untuk yang ke Tagulandang di bawah menggunakan Kapal Ikan Mitra 04. Sedangkan yang ke Siau langsung diangkut KM Simba," tuturnya.

Danposal menjelaskan, memang seputaran Pulau Pasige itu sangat rawan. Apalagi saat air pasang sebagian pulau tersebut tenggelam, sehingga sering mengecoh pelaut. "Hingga saat ini KM Lokong Banua yang kandas, masih menunggu evakuasi untuk pengangkatan badan kapal," kuncinya.

Terpisah, Dirut KM Lokong Banua Jerry Manuahe saat dikonfirmasi menjelaskan, kecelakaan tersebut tidak ada unsur kesengajaan. "Itu memang faktor alam. Apalagi kemarin angin cukup kencang, sehingga kita tidak dapat memprediksi pasang surut air," jelasnya.

"Meski kandas, namun kondisi kapal dalam keadaan aman. Tidak ada bocor ataupun kerusakan berat. Dalam proses evakuasi, seluruh kendaraan roda dua maupun empat itu ditinggalkan, hanya rempah dan barang ringan lainnya yang dapat dibawa. Meski begitu kami menjamin keamanan kendaraan yang ditinggalkan," ucapnya.

Jerry mengatakan, sejauh ini pihaknya sangat bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam kejadian naas tersebut. "Untuk muatan kapal, itu berkisar 70 hingga 80 ton dengan muatan 11 unit truck, satu mobil minibus dan tiga buah sepeda motor, dengan 81 penumpang 22 diantaranya tujuan Tagulandang dan 59 Siau," pungkasnya. (cw-05/don)









Komentar