09 Sep 2019 09:25

Inilah Empat Pimpinan Dewan Provinsi Sulut

MANADOPOSTONLNE.COM-Empat pimpinan dewan provinsi (pimdeprov) sudah diketahui. Ketua DPRD yang jadi jatah PDI Perjuangan kembali dipegang Andrei Angouw.

Wakil Ketua I milik NasDem dipercayakan pada Victor Mailangkay, Wakil Ketua II James Arthur Kojongian dari Golkar, terakhir Billy Lombok, Partai Demokrat.

Angouw yang diwawancarai akhir pekan lalu membenarkan jika dia kembali dipercayakan jadi ketua dewan. “Tentu harus jalankan kepercayaan ini dengan baik,” kata Angouw.

Senada disampaikan Mailangkay. “NasDem siap jadi salah satu pemimpin dewan. Ini kali pertama. Saya akan menunaikan tugas ini,” kata Mailangkay, sembari menambahkan untuk Ketua Fraksi Partai NasDem sudah dipercayakan pada Nick Lomban. “Kita pilih anak muda,” tandasnya.

Bagaimana dengan Golkar? Surat keputusan (SK) telah dikantongi. DPP Golkar sudah menetapkan James Arthur Kojongian (JAK) sebagai pimpinan. “Terima kasih untuk kepercayaan ketua DPP dan DPD I Golkar,” beber JAK.

Sementara di tubuh Partai Demokrat, telah dikeluarkan SK jika wakil ketua dewan milik politikus muda asal Minahasa Selatan Billy Lombok. “Kalau sudah ditugaskan sebagai petugas partai harus siap,” sebut Lombok.

Selanjutnya terkait kesepakatan pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD), diprediksi tak akan berbelit seperti yang terjadi periode 2014-2019 lalu. Lobi-lobi politik sudah dilakukan jelang pelantikan.

Kabarnya PDI Perjuangan yang memegang 18 kursi hanya ingin dua dari empat kursi ketua komisi. Sisanya diberikan pada NasDem dan Golkar. Mengenai komisi mana saja, masih dalam proses lobi. “Kemungkinan PDI Perjuangan ambil Komisi I dan Komisi IV,” beber sumber.

Mengenai hal ini Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar mengatakan sekarang masih dalam tahapan lobi dengan parpol lain. “Kita lihat saja nanti usai pelantikan. Yang pasti posisi PDI Perjuangan adalah merangkul semua. Kita bagi-bagi posisi. Untuk kepentingan masyarakat luas,” kata Wongkar.

Begitu juga diungkapkan Victor Mailangkay. “Kita sudah jalin komunikasi dengan PDI Perjuangan. Kita jalan bersama-sama. Soal komisi atau AKD mana, dibicarakan kembali,” kuncinya.(gel)









Komentar