06 Sep 2019 09:32

19 Warga Sitaro Positif HIV/AIDS

MANADOPOSTONLINE.COM---Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kepulauan Sitaro terus bertambah setiap tahun. Berdasarkan data di Dinas Kesehatan sejak 2014-2018, ada 19 orang yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sitaro Louisa N Makalare mengatakan seluruh pasien yang teridentifikasi telah diserahkan untuk mendapatkan perawatan di RSUP Kandou Manado.

"Memang pasca di Manado, dinas juga semakin sulit untuk mengetahui keadaan mereka, sebab perawatan pasien penderita HIV/AIDS itu, memang sangat ketat," tuturnya.

Meski begitu, kami tetap terus berkoordinasi dengan keluarga pasien, untuk mendata perkembangan. "Sejauh ini memang belum ada yang dinyatakan meninggal, namun kami juga belum terlalu yakin. Tapi kita terus mengimbau kepada keluarga terdekat untuk memperlakukan pasien dengan normal. Karena penularan hanya dapat terjadi saat hubungan seksual, adanya kontak darah ataupun air liur," ujarnya.

Sementara itu Kabid Pelayanan Kesehatan Cefi Lasaru mengatakan, khusus pemeriksaan HIV/AIDS di Sitaro, itu belum ada. "Di Puskesmas dan rumah sakit, hanya tersedia alat Rapid Diagnostic Test (RDT). Dengan sasaran ibu hamil dan penderita TBC. Meski begitu, kalau seseorang terdeteksi TBC, maka 70% dia mengidap penyakit HIV. Karena TBC dan HIV berbarengan," paparnya.

"Kedepan memang kita mengagendakan pelatihan untuk petugas medis HIV/AIDS khusus untuk puskesmas. Sebenarnya pada Agustus ini, namun karena, cuaca buruk maka dokter spesialis tidak datang. Jadi kita mundurkan sedikit jadwalnya hingga cuaca membaik," pungkasnya. (cw-06/don)









Komentar