01 Sep 2019 21:22

Uskup Agung Jakarta Suharyo Ditunjuk Jadi Kardinal oleh Paus

Mgr Ignatius Suharyo

MANADOPOSTONLINE.COM—Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, telah diumumkan Paus Fransiskus untuk menjadi salah satu kardinal dari 13 kardinal baru. Selanjutnya, pengangkatan Ignatius Suharyo menjadi Kardinal akan digelar dalam Consistorium alias Sidang Para Kardinal pada 5 Oktober di Vatikan.

"Pada Minggu, 1 September 2019, pukul 12.00, Paus Fransiskus mengumumkan 13 kardinal baru di Vatikan. Salah satu kardinal yang diumumkan oleh Paus Fransiskus ialah Mgr Ignatius Suharyo (Uskup Keuskupan Agung Jakarta - Ketua KWI- Uskup TNI/Polri) dari Indonesia," demikian pernyataan resmi Keuskupan Agung Jakarta, seperti dilansir CNNIndonesia.com Minggu (1/9).

Atas penunjukan tersebut, Keuskupan Agung Jakarta pun berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas kepercayaannya kepada Gereja Katolik Indonesia. "Profisiat untuk Bapa Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, dalam mengemban tugas perutusan baru sebagai kardinal," demikian pernyataan Keuskupan Agung Jakarta yang ditandatangani sekretaris, Romo V Adi Prasojo.

Sebelumnya, seperti dilansir dari AFP, Paus Fransiskus berencana mengangkat 13 kardinal baru saat khotbah mingguan Angelus, di Vatikan Minggu (1/9). Dalam khotbah tersebut, Paus menyebut kardinal tersebut akan berasal dari sejumlah negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, Eropa, dan Asia. Secara spesifik, kardinal ini akan ditunjuk dari negara seperti Kuba, Kongo, Indonesia, dan Maroko.

Pengangkatan ini akan dilakukan pada 5 Oktober mendatang. Sebanyak 10 kardinal akan berusia di bawah 80 tahun. Para kardinal yang berusia di bawah 80 tahun itu nantinya akan menjadi bagian dari pertemuan untuk menentukan sosok Paus berikutnya yang akan memimpin sekitar 1,2 miliar umat Katolik dunia.(cnn)









Komentar