24 Agu 2019 10:01

Calon Pimpinan Dewan dari PDIP Diuji, Ada 24 Nama

Para kader PDI Perjuangan yang menjalani fit and proper test di DPP, kemarin, sebagai salah satu syarat menjadi pimpinan dewan.

MANADOPOSTONLINE.COM—PDI Perjuangan benar-benar mempersiapkan kadernya yang duduk di kursi wakil rakyat. Apalagi mereka yang diproyeksikan menjadi pimpinan DPRD.

Sejak kemarin, digelar fit and proper test (FPT) pimpinan DPRD di DPP PDI Perjuangan (PDIP). Dari data yang dihimpun, ada 24 kandidat pimpinan dewan diundang. Untuk DPRD di 15 kabupaten/kota. Diungkapkan Sekretaris PDIP Sulut Franky Wongkar, DPP PDIP mengundang para kandidat untuk dilakukan FPT.

“Yang ke DPP adalah kandidat pimpinan dewan, berdasarkan rekomendasi. Ini sesuai prosedur partai,” beber Wongkar. Lanjutnya, tahapan FPT ini sangat penting. Karena akan diketahui siapa kandidat atau figur yang benar-benar mampu dan bisa berada di kursi pimpinan dewan.

“Kita mengirimkan kader-kader terbaik. Karena nantinya mereka selain menjadi perpanjangan tangan partai di DPRD, juga wajib menjalankan dan memimpin tugas legislasi, budgeting, dan pengawasan yang diemban lembaga legislatif,” paparnya.

Dari data yang diterima, beberapa daerah hanya mengutus satu kandidat. Di antaranya Minut, Boltim, Manado, Bitung, Sitaro, Bolsel, Kotamobagu, dan Minsel. Beberapa disampaikan Ketua DPD PDIP Olly Dondokambey sebelumnya, salah satu kriteria menjadi pimpinan dewan harus masuk struktur ketua, sekretaris, atau bendahara partai.

Pengamat politik Sulut Dr Johny Lengkong menilai, langkah seleksi yang ditempuh PDIP sangat positif. “Karena untuk menjadi pimpinan dewan bukan hanya butuh pengalaman, namun juga seni berpolitik. Bagaimana figur pimpinan bisa menjadi jembatan bagi sesama anggota dewan, maupun lembaganya secara umum dengan eksekutif,” sebutnya.

DPRD, kata akademisi Fispol Unsrat ini, terdiri dari banyak pandangan politik. “Butuh keharmonisan agar bisa kompak menjalankan tritugas dewan. Tanpa mengesampingkan kepentingan-kepentingan politik partai tersebut. Pimpinan dewan harus punya kemampuan ini,” tandasnya.(gel)

Nama Kandidat Pimpinan DPRD dari PDIP:

12








Komentar