22 Agu 2019 14:08
Kerugian Mencapai Miliaran Rupiah

Pasar Serasi Kotamobagu Terbakar

Kebakaran hebat kembali menghaguskan puluhan ruko dan kios di Pasar Serasi Kotamobagu, Rabu (21/8) kemarin.(Claudia/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Hangusnya puluhan ruko dan kios di Pasar Serasi Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, Rabu (21/8) kemarin, menambah daftar panjang peristiwa kebakaran di Kota Kotamobagu tahun ini. Dari pantauan Manado Post, sekira pukul 14.00 wita, puluhan ruko dan kios tersebut habis dilahap jago merah.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdagkop-UKM) Herman Aray, menekankan, belum ada informasi pasti apa yang menjadi penyebab kebakaran. ” Masih belum pasti. Nanti kami akan melakukan pertemuan dengan pedagang. Agar bisa diketahui apa penyebab pasti dari kebakaran tersebut,” katanya.

Dia pun belum bisa memastikan  berapa total kios dan ruko yang habis terbakar. Pun dengan kerugiaan material. “ Kerugian belum bisa ditafsirkan. Yang jelas melihat bentuk bangunannya pasti miliiaran," sebutnya,  di sela-sela pemadaman kemarin, sembari menambahkan, setelah ini pedagang yang berjualan di pasar serasi, akan di arahkan ke pasar Poyowa dan Genggulang. "Saat ini Pasar poyowa dan Genggulang, yang menjadi alternatif pedagang berjualan. Kita akan mengarahkan mereka kesana dulu. Nanti akan bekerjasama dengan SatpolPP juga,"tekannya.

Sementara itu, menurut warga sekitar, api diduga berasal dari kantin di arah dalam pasar, kemudian membesar dan melahap sejumlah kios dan kantin lainnya. "Awalnya terlihat dari kantin arah dalam (pasar). Apinya sangat besar. Sehingga dengan waktu yang singkat langsung membakar puluhan ruko,” ungkap Ira Mokodompit.

Terpantau, hingga berita ini diturunkan Pukul 18.00 pemadaman masih terus dilakukan. Beberapa pedagang sekitar juga masih terlihat menyelamatkan beberapa barang dagangannya. Padatnya kendaraan dan kerumunan warga yang ingin melihat kejadian, serta angin kencang, membuat api sulit dipadamkan dan  cepat menyebar.(cw-01/ayu)









Komentar