22 Agu 2019 14:05

Pantau Aktivitas Karangetang, Wabup Minta Warga Tetap Tenang

Wakil Bupati Sitaro Drs John Palandung MSi, saat melakukan pemantauan aktivitas Karangetang, Rabu (21/8) kemarin, di PGA Salili, Kecamatan Siau Tenga.()

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Drs John Palandung MSi, didampingi Kepala BPBD Ch Bob Wuaten, melakukan pemantauan aktivitas gunung api Karangetang, Rabu (21/8) kemarin, di Pos Pengamatan Gunung Api Salili, Kecamatan Siau Tenga.

Palandung disela pemantauan tersebut, mengatakan agar seluruh masyarakat di Pulau Siau, untuk tetap tenang. "Jangan sembarangan percaya dengan postingan-postingan di medsos yang sengaja menakut-nakuti. Pastinya kalau ingin mencari tau informasi, wajib dari sumber terpercaya. Baik pemerintah kelurahan/desa setempat, BPBD serta TNI/Polri," tuturnya.

Ia pun meminta, kepada seluruh pemerintah kampung, maupun kecamatan untuk terus waspada dan membangun koordinasi yang baik dengan BPBD. "Mengingat jika memang kembali terjadi erupsi, tanda-tandanya akan cepat dikabarkan, sehingga proses evakuasi dapat langsung dilakukan. Sudah ada titik kumpul untuk evakuasi terutama di kampung rawan bencana, sehingga ini akan mempermudah," kuncinya.

Sementara itu Kepala BPBD Sitaro Ch Bob Wuaten menambahkan agar warga yang bermukim di wilayah rawan seperti di Kecamatan Siau Barat Utara dan Siau Timur, untuk tetap meningkatkan kesiapsiagaan. "Kita akan pantau terus, dan memberikan informasi terkini kepada pemerintah yang nantinya diteruskan ke masyarakat," jelasnya.

Terpisah Petugas Pengamat Gunung Karangetang Didi Wahyudi Aditya mengatakan hingga saat ini belum ada peningkatan status gunung. "Masih sama pada level III (Siaga). Kami juga tetap merekomendasikan agar tidak ada aktivitas apapun dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2.5 km dari puncak Kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 km, yaitu wilayah yang berada di antara Kali Batuare dan Kali Saboang," kuncinya.(cw-05/don)









Komentar