21 Agu 2019 13:54

Civitas Akademika Unsrat Gelar Halal Bi Halal

Civitas Akademika Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengelar halal bi halal di Auditorium Unsrat, Rabu (21/8).

MANADOPOSTONLINE.COM - Civitas Akademika Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengelar halal bi halal  di Auditorium Unsrat, Rabu (21/8). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10.00 WITA itu berjalan dengan penuh hikmat dan meriah. Tema "mempererat persaudaraan, persatuan dan solidaritas sebagai cerminan Unsrat yang unggul dan berbudaya" dihadiri sekitar seribuan orang mulai dari mahasiswa, dosen serta para tamu.

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengatakan halal bi halal merupakan moment untuk saling membuka pintu maaf dan silaturahmi. "Inilah kesempatan untuk menjalin tali persaudaraan sekalipun kita berada dalam keberagamaan," ujarnya saat memberikan sambutan.

Sambungnya, kegiatan ini sejatinya merupakan kearifan lokal bangsa Indonesia dan pada tahun ini dirangkaikan dengan penyambutan mahasiswa baru Muslim di Unsrat. "Di kampus ini kita menemukan komunitas yang berasal dari berbagai daerah dan berbagai latarbelakang sosial. Ini merupakan hal yang lumrah dan keberagamaan adalah hal yang dikedepankan di Unsrat," tuturnya.

Prof Ellen mengajak, untuk saling bergandengan tangan memastikan bahwa kampus Unsrat senantiasa menjadi tempat menimba ilmu yang kondusif bagi semua orang dan tidak memberikan peluang bagi sekecil apapun terhadap hal-hal radikalisme dan intoleransi yang dapat mengancam satuan bangsa.

"Tugas kita bersama untuk terus dan saling mengingatkan bahwa kampus harus tetap netral dan terbebas dari segala kepentingan," tambahnya.

Selaku rektor, Prof Ellen mengucapkan terima kasih kepada civitas Unsrat. "Terima kasih kepada segenap civitas Unsrat khususnya bagi yang beragama Muslim. Kiranya melalui halal bi halal ini semakin mempererat persaudaraan, persatuan dan solidaritas kita semua," tuturnya.

Dirinya mengatakan, berdasarkan tema yang dipilih panitia, semoga itu bukan sekedar tulisan tetapi diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena lingkungan kampus yang bersifat heterogen baik dari sisi budaya, agama, suku dan kompetensi perlu dijaga aspek persaudaraannya.

"Persatuan diantara kita perlu selalu diperkuat untuk meraih harapan 7 universitas yang unggul dan berbudaya sesuai misi Unsrat. Selain itu solidaritas didalam kehidupan kampus lebih diarahkan pada saling menghormati, membantu dan saling menopang antar sesama dalam bingkai kebhinekaan yang esa," katanya. "Melalui persaudaraan, persatuan dan solidaritas maka Unsrat akan selalu merakyat peningkatan secara berkesinambungan," kunci Prof Ellen.

Delmus Puneri Salim MA MRes PhD, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado mengatakan halal bi halal ini bukan hanya silaturahmi bagi umat Muslim tapi juga bagi nonMuslim. "Karena kegiatan ini adalah bentuk untuk mencairkan suasana antar umat beragama," ujarnya pada saat memberikan ceramah dan kuliah umum.

Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk wadah saling menghalalkan kesalahan dan kehilafan selama berinteraksi dengan sesama manusia.

Sementara itu, Dr Ir Jaelani Husain MSc, Ketua panitia halal bi halal 2019 menuturkan kegiatan rutin tahunan Unsrat ini selain dirangkaikan dengan penyambutan mahasiswa baru, juga sekaligus dengan penyampaian lomba MTQMN tingkat nasional yang dilaksanakan di Aceh.

"Halal bi halal kedepannya lebih megah dan meriah serta bisa menunjukkan prestasi-prestasi mahasiswa Muslim dalam kegiatan akademik maupun kegiatan-kegiatan ritual yang dilaksanakan secara resmi ditingkat lokal, regional maupun nasional dalam rangka peningkatan institusi," harap dosen Fakultas Pertanian Unsrat. (lin)









Komentar