21 Agu 2019 13:55

Tertimpa Longsor, Rumah Rusak Parah

Satu rumah di Desa Rambunan, Kecamatan Sonder yang tertimbunan tanah longsor mulai dibersihkan masyarakat setempat, Selasa (20/8).(Dok. BPBD Minahasa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Minahasa, Senin (19/8) siang. Satu rumah milik Jeffrey Tenda-Pantow di Desa Rambunan, Kecamatan Sonder, tertimbun tanah longsor pukul 14.30 WITA.

Untung saja dalam peristiwa tersebut tak ada korban jiwa. Namun hampir seluruh bagian rumah tertutup tanah yang longsor. “Titik rumah memang belakangnya ada semacam bukit dengan tanah yang lembek. Untung saja walau hampir menenggelamkan seluruh bagian rumah, tak ada korban jiwa,” sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Johanis Pesik ketika dikonfirmasi, Selasa (20/8) kemarin.

Menurutnya, atas kejadian tersebut maka kemarin Pemkab Minahasa langsung, menyalurkan bantuan kepada keluarga yang tertimpa longsor. “Bantuan yang diserahkan berupa kebutuhan pokok serta uang tunai,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Alex Dotulong pun mengimbau kepada warga untuk waspada akan kondisi cuaca yang berubah-ubah.  “Menghindarlah sebelum bahaya mengancam. Cuaca sekarang, sangat tidak bisa diprediksi. Saat ini yang dikhawatirkan tak hanya curah hujan yang tinggi. Namun juga angin kencang,” jelas Dotulong.

Dirinya pun meminta kepada para Hukum Tua dan Lurah untuk bisa memantau wilayahnya masing-masing serta melaporkan ke BPBD jika terjadi atau ada potensi bencana. Diketahui kemarin hari, masyarakat setempat bersama aparat BPBD melakukan pembersihan di lokasi longsor.(cw-02/gnr)









Komentar