14 Agu 2019 10:57

Khusus Daerah Menang Pileg, Banteng Utamakan Kader di Pilkada

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahapan penentuan calon Pilkada di PDI Perjuangan segera dimulai. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) Drs Steven Kandouw.

 

Politikus PDI Perjuangan yang juga Wakil Gubernur ini mengatakan, pendaftaran di KPU dilakukan Februari 2020. “Jadi kita akan mulai secepatnya,” beber Kandouw.

Dia mengatakan, di internal PDIP ada tahapan yang harus dilalui. Meliputi survei internal, pendaftaran calon. “Bahkan kandidat harus melalui tes sebelum ditentukan sebagai calon,” tukasnya.

Dia menambahkan, dalam penentuan calon kepala daerah PDIP sangat ketat. “Melihat banyak pertimbangan. Karena kita harus memastikan, pemimpin daerah adalah mereka yang punya kemampuan mumpuni,” tutur mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut ini.

Lebih lanjut kata Kandouw, kriteria calon diutamakan kader partai. “Jadi pertimbangan geopolitik yakni hasil pileg lalu. Di daerah dimana PDIP dominan, tentu kader diutamakan. Misalnya Manado. Di sana kita boleh mengusung calon. Artinya kader sudah pasti akan diusung di Manado,” jelasnya.

Sementara di daerah dimana capaian kursi PDIP di Pileg sedikit, komunikasi dengan parpol lain dibangun. “Seperti di Tomohon. Kita harus koalisi. Pendekatannya pasti beda,” tandasnya.(gel)









Komentar