14 Agu 2019 09:36

Berpeluang Gantikan OD, Ini Reaksi Wagub Sulut

Steven Kandouw

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabar terkait Gubernur Olly Dondokambey akan menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo, terus bergulir. Posisi gubernur yang akan ditinggalkan Olly, otomatis akan jatuh di tangan wakil gubernur. Yang saat ini dipegang Drs Steven Kandouw.

Di sela rapat paripurna penyampaian APBD Perubahan 2019, di kantor DPRD Sulut, Selasa (14/8) kemarin, isu ini hangat dibahas. Bahkan salah satu anggota Fraksi Partai Golkar dalam pemandangan umum fraksi tersirat menyatakan jika Kandouw adalah orang yang mujur.

Berbagai spekulasi tersebut dijawab santai oleh politikus PDI Perjuangan itu. “Saya bukan orang yang soe (sial, red), saya bukan mujur. Saya orang yang diberkati Tuhan,” ujar Kandouw.

Sikap yang sama ditunjukkan Kandouw di hadapan wartawan yang menghadangnya usai paripurna. Diminta tanggapan mengenai ucapan Olly yang meminta dirinya siap-siap jadi gubernur, dengan gaya khas Kandouw mengatakan itu harus dikonfirmasi langsung pada gubernur. “Saya belum tahu. Nanti bisa tanyakan ke Pak Gubernur,” sebutnya, sambil tersenyum.

Kandouw pun menegaskan jika posisinya adalah seorang petugas partai dan anak buah. “Sebagai anak buah harus terima perintah,” tambahnya lagi.

Dikonfirmasi apakah sebelumnya Olly sudah sempat menyinggung mengenai hal ini secara pribadi dengannya, Kandouw membantah. “Belum ada. Belum pernah,” katanya.

Namun peraih suara terbanyak dalam pileg DPRD Sulut pada 2014 silam ini menekankan, dia wajib siap jika ternyata Gubernur Olly harus menjadi menteri, membantu Jokowi di kabinet. “Jika ditugaskan memang harus siap. Jadi wakil gubernur saja saya iya. Apalagi jika ditugaskan ke gubernur,” kuncinya.

Sementara itu, akademisi Prof Welly Areros ketika diminta tanggapan menganai hal ini mengatakan jika Gubernur Olly menerima pinangan Jokowi untuk menjadi menteri memang harus meninggalkan kursi gubernur.

“Dengan begitu sesuai aturan posisi gubernur digantikan wakil gubernur yakni Pak Steven Kandouw,” tuturnya. Dia menilai Wagub Kandouw saat ini sedang naik daun sebagai salah satu kader PDIP. “Tak hanya di jabatan pemerintahan. Kandouw memang nampaknya dipersiapkan menggantikan OD untuk ikut membawa PDIP lebih maju,” katanya.

Posisi yang ditempati Kandouw saat ini di jajaran DPD PDIP Sulut menurut Areros sangat strategis. “Tugasnya adalah memenangkan pemilu. Baik Pilkada maupun pilgub. Dilihat dari tugas saja Kandouw mendapat porsi besar,” kunci Areros.(gel)









Komentar