12 Agu 2019 10:22

September, RSUD Manado Dilelang

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menyerahkan dokumen persyaratan pembangunan RSUD Kota Manado di PT SMI.(dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Manado segera action. Karena persyaratan pembangunan RSUD yang menggunakan dana dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) rampung.

Hal ini dibuktikan dengan kedatangan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut di Kantor PT SMI, Jumat (9/8) pekan lalu. Wali kota menyerahkan dokumen persyaratan pembangunan RSUD Kota Manado. “Antara lain dokumen Detail Engineering Design (DED) akhir RSUD Manado, IMB, Izin Pemanfaatan Penggunaan Tanah (IPPT), Izin Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin), Izin Lingkungan, Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS) serta Engineer’s estimate (EE),” beber wali kota dua periode tersebut. 

Orang nomor satu di Kota Manado tersebut juga memberikan apresiasi kepada Tim Pemkot Manado. Dalam hal ini Sekkot Manado, Kadis PUPR, Kadis Kesehatan, Kepala DPM-PTSP. Juga Asisten II Setkot Manado, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Bappelitbangda, Kadis Perkim, Kabag Hukum, Dirut RSUD, dan Konsultan Perencanaan yang dikoordinir Kadis PUPR. Karena sudah bekerja keras. “Semua persyaratan yang diminta PT SMI dapat diselesaikan lebih awal dari target waktu,” ujar wali kota.

Dia menambahkan, kehadiran RUSD ini, adalah wujud tanggung jawab Pemkot Manado meningkatkan dan memenuhi pelayanan dasar masyarakat. Khususnya bidang kesehatan. “Sebab kami bertekad akan memberikan pelayanan kesehatan pada warga Kota Manado,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Iven Sumenda Marthen mengatakan pembangunan gedung RSUD Kandou dengan anggaran Rp 90 miliar akan segera direalisasikan. Karena semua persyaratan sudah lengkap. “Kemungkinan paling lambat September proyek pembangunan RSUD sudah lelang. Itu sudah paling lambat. Kalau paling cepat akhir Agustus,” sebutnya.

Dia juga mengatakan pembangunan RSUD menggunakan sistem multiyear. Karena pembangunan 13 bulan sampai 2020. “Desain gedung RSUD 8 lantai. Lokasinya di Kelurahan Tingkulu, antara Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Manado dan rusunawa,” sebutnya. RSUD Manado menggunakan sistem one stop service untuk membantu warga Manado. “Jadi RSUD Kota Manado satu-satunya di Sulut memiliki rumah duka atau persemayaman,” jelasnya.(ite/gel)









Komentar