12 Agu 2019 09:51

Sulut Masih Butuh OD

MANADOPOSTONLINE.COM—Meski menjadi kebanggaan warga Sulut jika Olly Dondokambey (OD) berpeluang menjadi menteri di kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin, namun sosok politikus PDIP itu diakui masyarakat masih dibutuhkan.

 

Beberapa waktu lalu, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap menuturkan jika Sulut butuh sosok OD di kursi gubernur. “Warga Sulut butuh Pak Olly Dondokambey,” ucap Ketua DPC PDI Perjuangan Mitra ini. Diapun memberi dukungan pada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw di pilgub 2020.

“Sebagai kader PDI Perjuangan, kita mendukung penuh OD-SK di pilgub,” bebernya. Namun sebagai petugas partai, kata mantan legislator DPRD Sulut ini, dirinya menyerahkan pada keputusan dan instruksi partai.

Senada disampaikan Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar. “Sebagai petugas partai, dimanapun ditugaskan harus siap. Keputusan apapun yang ditetapkan partai, penugasan itu harus dilaksanakan,” tandasnya.

Pengamat politik Sulut Prof Welly Areros mengakui jika Sulut butuh sosok seperti Olly Dondokambey. “Ada begitu banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus diselesaikan. Dari berbagai sektor. Baik infrastruktur, perekonomian, dan pariwisata yang harus dituntaskan. Tak cukup hanya satu periode,” ucapnya.

Akademisi Fispol Unsrat ini menjelaskan, OD dikenal politikus berkelas nasional. “Sangat berpengaruh pada begitu banyak kebijakan nasional. Lihat saja sejumlah mega proyek ditempatkan di Sulut. Itu tak lepas dari pengaruh OD,” paparnya.

Apalagi, lanjut Areros, pasca terpilihnya OD sebagai bendahara umum untuk ketiga kalinya. “Ini bukti kalau OD sangat dipercaya di perpolitikan nasional,” tukasnya.

Diketahui, di zaman OD Sulut mengalami peningkatan pesat. Mulai dari sektor infrastruktur hingga pariwisata. Mega proyek berbanderol triliunan diarahkan di Sulut (lihat grafis). Pariwisata Sulut pun masuk prioritas nasional. Namun semuanya harus dikawal agar bisa berlanjut. (gel)









Komentar