09 Agu 2019 09:52
Parpol Buru Figur Populer

Peminat DB 1 A Kian Banyak

Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pilwako Manado salah satu pesta demokrasi terpanas di tahun 2020. Perebutan DB 1 A sangat dinantikan. Tak heran puluhan nama mulai bermunculan di bursa calon.

Nama-nama ini datang dari berbagai latar belakang. Mulai dari politikus, akademisi, profesional, birokrat, dan banyak lagi. Dari pantauan Manado Post, banyak nama mulai berani menyosialisasikan diri.

“Kalau sudah mengenalkan diri, kesannya mereka ingin masyarakat melihat. Ini sebenarnya ajang melihat dan mengamati track record calon,” ujar Kristo Mamentu, warga Manado. Senada disampaikan Lando Rumondor. “Track record kandidat jadi pertimbangan kita nanti,” tukas warga Malalayang yang berprofesi karyawan swasta ini.

Terkait maraknya figur yang mulai mengenalkan diri ke masyarakat, pengamat politik Jovano Panelewen mengakui ini momen para kandidat mengenalkan diri. “Karena parpol mulai lakukan survei. Elektabilitas tinggi berpengaruh pada pilihan parpol nanti,” bebernya. Dia melanjutkan momentum Pilkada harus digunakan sebaik mungkin setiap masyarakat dalam memilih pemimpin daerah yang terbaik guna membawa kesejahteraan masyarakat. “Jika ingin punya elektabilitas mumpuni, rajin-rajinlah sosialisasi atau bertemu masyarakat. Karena dari itu bisa jadi patokan Anda bisa direkrut parpol untuk bertarung di pilwako atau tidak,” tukasnya.

Di sisi lain, salah satu nama yang kerap muncul di pembicaraan masyarakat adalah Marthen Tumbelaka. Atau akrab disebut MDT. Promotor tinju ini memang kerap bersosialisasi. Bahkan dia mulai menjalin komunikasi dengan sejumlah partai besar. “Sebagai seorang profesional saya sedang dalam penjajakan dengan parpol besar. Kepercayaan masyarakat untuk saya berada di bursa calon sangat diapresiasi,” bebernya, sembari menambahkan, menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme parpol terkait pengusungan calon nanti.(drp/gel)









Komentar