09 Agu 2019 09:55

Narkoba Jenis Baru Bikin Orang Ingin Bunuh Diri

MANADOPOSTONLINE.COM—Sepanjang tahun 2018, ada 914 kasus narkoba se-Indonesia diungkap Badan Narkotika Nasional (BNN). Ini patut diwaspadai Sulawesi Utara (Sulut).

 

Dari ratusan pengungkapan, 1.355 tersangka berhasil diringkus. “Jumlah yang terungkap itu tentu hanya sebagian kecil saja, fakta di lapangan menggambarkan peredaran narkoba telah menyusup lebih luas hingga ke berbagai profesi dan usia,” ungkap Kepala BNN Kota Manado AKBP Eliasar Sopacoly.

Lanjut Sopacoly, baru-baru ada beberapa jenis narkoba dari luar negeri yang tergolong baru, seperti Metoksetamina/MXE dengan nama lain pil diamond. “Narkotika jenis baru ini berhasil diungkap Polda Metro Jaya pada hari Senin 25 Februari,” ungkapnya.

Hal tersebut ikut diwaspadai BNN Manado. Karena dampak penyalahgunaan dari jenis narkotika tersebut, adalah kesulitan berbicara, ada perasaan bingung, cemas, gemetar, mual, muntah, paranoid, keinginan bunuh diri.

“Metoksetamina/MXE ini sudah masuk di Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika. Untuk Manado masih belum ditemukan jenis narkotika ini,” papar Sopacoly, perwira polisi berpangkat dua melati.

Untuk meminimalisir jumlah korban, katanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional (P4GN) tahun 2018-2019.

Inpres yang ditandatangani 28 Agustus 2018 tersebut, ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung, Polri, TNI TNI, Kepala BIN, para pimpinan lembaga pemerintah non kementerian, para pimpinan kesekretariatan lembaga negara, para gubernur; dan para bupati/wali kota.

“Untuk sosialisasi inpres nomor 6 Tahun 2018, di Manado sudah dilaksanakan sejak akhir tahun sampai sekarang. Kami ingin membasmi salah satu mesin pembunuh bagi generasi muda kita saat ini,” pungkas Sopacoly.(gnr)









Komentar