05 Agu 2019 08:57

WA-Instagram Berubah Nama

Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Instagram dan Whatsapp berada di bawah Facebook. Tak hanya sampai mengakuisisi, Facebook ingin mematenkan namanya di dua platform sosial media yang sangat populer ini. Rebrand pun dilakukan.

 

Pihak Facebook melalui juru bicara resminya menyatakan ada perubahan nama kedua aplikasi tersebut.  “Nama resmi WhatsApp dan Instagram nantinya akan berganti dengan embel-embel kata ‘from Facebook’ di belakangnya,” ungkap Juru Bicara Facebook.

Perubahan nama ini ditujukan untuk memperjelas kepemilikan Facebook atas kedua platform tersebut. "Kami ingin memperjelas produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook," katanya.

Dengan demikian, nama resmi WhatsApp akan berganti menjadi ‘WhatsApp from Facebook’ dan Instagram pun akan berubah nama menjadi ‘Instagram from Facebook’.

Kendati demikian, menurut sumber terdekat, nama WhatsApp dan Instagram yang muncul pada perangkat pengguna akan tetap sama seperti sebelumnya,. Tanpa penambahan ‘from Facebook’ sebagai nama belakang. Facebook sendiri beberapa waktu lalu diminta untuk mengurangi dominasinya dengan memisahkan layanan Instagram dan WhatsApp, karena dianggap melakukan praktik monopoli.

Hal tersebut diutarakan oleh salah satu pendiri Facebook, Chris Hughes. Menurutnya, Komisi Perdagangan AS (FTC) juga mesti menegakkan hukum anti-trust dengan membatalkan akuisisi Facebook atas Instagram dan WhatsApp.

Instagram dan WhatsApp yang bernaung di bawah Facebook memang sama-sama telah meraksasa, sehingga makin mengukuhkan dominasi induknya di ranah sosial.

Publik pun jadi tak punya pilihan lain kecuali menggunakan produk Facebook. Sebab, tidak ada aplikasi alternatif yang berarti selain milik mereka.(*)









Komentar