31 Jul 2019 13:15

455 CJH Sulut Berangkat ke Tanah Suci

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 455 Calon Jamaah Haji (CJH) yang termasuk dalam kloter 12, dilepas Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw, di Aula Asrama Haji Transit Manado, Selasa (30/7) kemarin.

 

Kandouw mengatakan, tidak ada nikmat yang lebih menggambarkan selain bahagia yang tak terkira ketika boleh ikut bersama-sama merasakan apa yang dirasakan oleh CJH.

"Setelah sekian lama kita antre, rela berkorban tenaga, materi dan waktu, tibalah saatnya kita akan menjalankan rukun ibadah ke lima," ujarnya.

Dia berharap, para CJH bersama rombongan agar diberikan senantiasa kesabaran, menjaga kesehatan, tutur kata dan kelakuan. Tunjukan kalau CJH dari Sulut memang benar-benar berniat serta bertekat sebagai seorang haji.

"Kita semua doakan agar tahun ini semua CJH sehat serta aktivitas rencana yang telah diprogramkan dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulut Dr H ABD Rasyid MAg menjelaskan, rombongan CJH dibagi dalam dua kloter. Yaitu, kloter 12 dan kloter 13 untuk menuju Embar Kasih Balikpapan.

"Jumlah keseluruhan CJH Sulut ada sebanyak 885 jamaah dan untuk kloter 12 ini berjumlah 455 CJH dengan rincian, 447 CJH, 3 TPHD serta ditambah petugas kloter 5 orang," paparnya.

Dia juga menyebutkan CJH tertua dalam kloter 12 berumur 89 tahun, sedangkan termuda berusia 23 tahun. "Terus jaga kekompakan antar sesama jamaah, maupun dengan pimpinan kloter yang ada, jaga kesehatan, patuhi semua aturan yang berlaku, baik di sini maupun di tanah suci. Kami berharap agar nama baik daerah Sulut harus tetap dijaga," harapnya.(tr-07/ite)









Komentar